Tuesday, January 12, 2010

Tips tidur nyenyak dengan senam peregangan

Gizi dan Kesehatan ,diet,konsumsi makanan, konsultasi, tips dan trik kesehatan,



Artikel ini adalah satu ilmu yang penulis dapat sehabis menonton acara televisi “senam bugar” setiap pagi hari di Trans Tv, dimana acara tersebut menurut penulis amatlah sangat mebosankan,,,masa cowo kayak gua disuruh ngeliat tante-tante yang jingkrak sana jingkrak sini..gak banget dech..hehe,,eh malah ternyata ada hikmahnya juga, dapet satu ilmu yang membuat penulis selalu dapet tidur nyenyak.
Apa itu senam peregangan ? senam peregangan adalah senam yang dilakukan guna meregangkan otot otot sendi disekujur tubuh kita. Umumnya sendi manusia setelah beraktifitas sehari-hari mengalami kelelahan “Lelah Sendi” yang diakibatkan gerak terus menerus, terutama persendian pada kaki dan tangan. Untuk itu pemulihan sendi perlu dilakukan guna efektifitas peristirahatan bagian sambungan tulang.
Berikut ini beberapa manfaat melakukan senam peregangan sebelum tidur :


1) Menghilangkan Rasa Nyeri Setelah Bangun



Otot dan persendian, dikala kita beraktifitas terjadi efek mekanik dan tekanan, baik yang ringan ataupun berat pasti menggunakan daya untuk bekerja. Hal tersebut akan membuat kerja sel-sel otot dan persendian. Akibat dari aktifitas kerja otot dan persendian menimbulkan pembakaran energi, setal pembakaran energi otot akan terasa kaku karena kalori tidak lagi diperlukan dalam persendian dan otot tersebut. itu sebabnya banyak ahli kesehatan yang menyarankan pada atlet olagraga dengan aktifitas berat untuk tidak berhenti langsung saat tidak melakukan olah raga, agar otot perlahan menyesuaikan dengan pembakaran energi. Sangat tidak disarankan ketika kita selesai mengerjakan sesuatu yang berat langsung tidur, karena hal tersebut akan menimbulkan nyeri pada bagian badan setelah bangun dari tidur, senam peregangan adalah solusi tepat agar bagian tubuh kita tidak mengalami nyeri.

2) Menghilangkan kaku sendi
Terkhusus untuk para pekerja duduk, alias pekerja yang kerjaannya duduk melulu ditemani komputer. Nyeri seringkali terjadi pada persendian atau lebih pantas disebut dengan kaku sendi, terutama pada pinggang, karena banyak orang mengeluhkan sakit pinggang setelah duduk lama didepan komputer. Senam peregangan adalah obat yang tepat untuk menghilangkan kaku sendi, dengan meregangkan seluruh bagian tubuh, kaku sendi dapat teratasi.

3) Membuat Tidur 10 kali Lebih Nyenyak
Ya sudah terbukti,  meregangkan bagian tubuh berarti mengendorkan otot yang kaku dan dan melemaskan persendian yang tegang, meregangkan bagian tubuh kita membuat kita akan lebih rileks, sehingga tidurpun dapat nyenyak.
4) Bugar Di pagi Hari
Alhasil dari senam peregangan ialah hasil bugar di pagi hari, dari beberapa kisah saksi yang ditampilkan diacara senam bugar di trans tv, perbedaan orang yang melakukan senam kebugaran dan yang tidak, hasilnya yang melakukan 70%  memperolehh kesegaran setelah bangkit dari tidur malamnya. Jadi intinya kalau mau bugar dipagi hari ya lakukan senam ini.



Senam tentunya memiliki Aturan-aturan yang tepat, artinya senam gak sembarangan jingkrak sana, jingkrak sini. Loncat sana loncat sini. Harus terstruktur dengan baik. Agar sendi-sendi yang akan kita regangkan mendapatkan reaktor yang baik.
Disini penulis memberikan beberapa tips yang penulis dapatkan dari menonton tante-tante yang sedang senam di televisi, karena tips senam  peregangan agak banyak dan tidak bisa di tampilkan keseluruhan di blog sederhana ini, penulis share lewat link yang anda dapat lihat di halaman web ini.



No comments:

Post a Comment