Monday, November 28, 2005

UMUR BERJALAN ANAK & MULAI BICARA


Ibu Fitri, sekedar sharing...

Anak saya dulu juga baru bisa jalan pada waktu umur 16 bulan lebih. Tetapi
kemampuan bicaranya memang muncul lebih dulu. Di usia elum genap 1 tahun
dia sudah bisa diajak komunikasi 2 arah dengan lancar dan sudah tidak
cadel. (sekarang anak saya sudah 3 tahun lebih). Jadi anggapan bahwa di usa
satu tahun anak seharusnya sudah bisa berjalan tidak bisa dijadikan
patokan. Yang saya tahu, perkembangan motorik kasar (berjalan, dsb) dan
halus (berbicara, menulis, menyanyi) lebih sering tidak bersamaan (CMIIW).

Yang pasti, --betul kata dokter Irawan-- jangan berhenti menstimulasi anak...


Sukses ya Bu...
Ayah Lintang


At 07:30 AM 11/24/2005, you wrote:
>selamat pagi all of u,
>
>dokter,anak saya umur 1 thn 1 bln belum bisa jalan,itu kenapa ya?
>padahal mbaknya anak saya tiap pagi suka di bawa ke rumput,walaupun
>intens nya ga sering,tp ada lah...dan kalo di rumah juga dia suka
>sekali ngerambat ke tembok,kursi,meja,dll tapi yg saya bingung dia
>belon bisa jalan,atau dia tidak berani? kalopun di tatah,mau..tp harus
>dua tangan...satu tangan tidak mau....itu knapa?
>
>yg kedua,anak saya baru bisa ngomong yah,apa,dah..tp utk bahasa yg
>lain blom,itu kenapa,atau emang butuh tahap? soalnya temen saya
>anaknya dah 1 thn dah bisa panggil ayah ibunya..padahal anak saya
>sering sekali di latih utk bicara...maaf utk anda ketahui kami sebagai
>orang tua bekerja...jadi waktu utk anak kami hanya malam saja...dan
>dia biasa di titipin ma kakek neneknya dan mbak nya,tapi mereka sering
>sekali ajak maen dan ngobrol...atau tipe anak saya pendiam?
>
>terima kasih banyak sebelum dan sesudahnya.
>tolong bantuan dari dokter dan teman2...saya butuh pencerahan dan
>solusinya...

No comments:

Post a Comment