Saturday, November 26, 2005

UMUR BERJALAN ANAK & MULAI BICARA

> Yth Ibu di rumah,
Seorang anak dikatakan terlambat berjalan apabila sampai usia 18 belum
dapat berjalan. Jadi anak anda masih dalam batas normal. Bagaimana
perkembangan sebelumnya apakah normal, sudah dapat berdiri sendiri. Coba
perhatikan posisi kaki anak anda, apakah terlihat datar ke 2nya, bila
demikian tanyakan ke dokter anak anda apakah kaki anak anda tidak telapak
kaki datar (flat foot). Stimulasi yang anda berikan sudah benar, teruskan,
Hindari pemakaian baby walker. Mengenai bicara bila anak anda dipanggil
langsung menengok, rasanya anda tidak perlu khawatir, rangsang terus
dengan bicara dengannya. Jangan biarkan anak anda nonton TV tanpa
ditemani. karena akan menyebabkan anak dipanggil tidak langsung menoleh.
Semoga bermanfaat, jangan berhenti menstimulasi anak
Dr Irawan Mangunatmadja, -
Divisi Neurologi - Dept IKA-FKUI/RSCM


selamat pagi all of u,
>
> dokter,anak saya umur 1 thn 1 bln belum bisa jalan,itu kenapa ya?
> padahal mbaknya anak saya tiap pagi suka di bawa ke rumput,walaupun
> intens nya ga sering,tp ada lah...dan kalo di rumah juga dia suka
> sekali ngerambat ke tembok,kursi,meja,dll tapi yg saya bingung dia
> belon bisa jalan,atau dia tidak berani? kalopun di tatah,mau..tp harus
> dua tangan...satu tangan tidak mau....itu knapa?
>
> yg kedua,anak saya baru bisa ngomong yah,apa,dah..tp utk bahasa yg
> lain blom,itu kenapa,atau emang butuh tahap? soalnya temen saya
> anaknya dah 1 thn dah bisa panggil ayah ibunya..padahal anak saya
> sering sekali di latih utk bicara...maaf utk anda ketahui kami sebagai
> orang tua bekerja...jadi waktu utk anak kami hanya malam saja...dan
> dia biasa di titipin ma kakek neneknya dan mbak nya,tapi mereka sering
> sekali ajak maen dan ngobrol...atau tipe anak saya pendiam?
>
> terima kasih banyak sebelum dan sesudahnya.
> tolong bantuan dari dokter dan teman2...saya butuh pencerahan dan
> solusinya...
>
>
> wasalam



No comments:

Post a Comment