Saturday, September 13, 2008

Deddy Mizwar : Puasa Itu Sehat

"Puasa itu sehat. Ini kata Rasul (Muhammad SAW), kata Nabi, bukan kata saya," demikian disampaikan aktor kawakan Deddy Mizwar kepada wartawan, saat menghadiri Bazsera (Bazar Sehat Ramadhan) di Plaza Semanggi, Jakarta, Senin.

Menurut Deddy, orang yang menjalani puasa akan terbiasa mengendalikan diri dari godaan hawa nafsu, baik rohani maupun jasmani.

Orang berpuasa juga akan terlatih untuk peka kepada kemiskinan dan mengasihi sesamanya yang berkekurangan, tangguh dalam menghadapi segala cobaan hidup, dan terbiasa melakukan pola hidup teratur.

"Makan pada waktunya dan tidak berlebihan. Itu semua akan memberikan manfaat besar bagi kesehatan. Allah pun memerintahkan kita berpuasa bukan untuk mencelakakan kita, tetapi sebaliknya supaya kita hidup sehat," katanya.

"Sehat di sini (bermakna) sangat luas loh," katanya menegaskan, dengan menggerakkan jari kedua tangannya membentuk tanda kutip.

Mengutip satu hasil penelitian ilmiah, ia mengatakan bahwa perbuatan rutin yang dilakukan selama 29 hari akan membentuk sikap atau watak. Nah, puasa Ramadhan umumnya 29 hari sampai 30 hari, katanya.

Menjawab pertanyaan wartawan, ikon atau bintang Promag tersebut menyatakan Bazsera bertujuan memberikan kesempatan kepada masyarakat mendapatkan pengetahuan tentang makanan yang sehat, sekaligus konsultasi gratis mengenai kesehatan lambung.

Acara itu digelar selama tiga pekan dalam bulan Ramadhan tahun ini, mulai tanggal 1-21 September 2008, dan setiap pengunjung berkesempatan memperoleh hadiah undian berupa Perjalanan Umroh ke Tanah Suci Mekah, bersamanya.

Sumber : Antara

No comments:

Post a Comment