Monday, June 29, 2009

IUGR (Intra Uterin Growth Retardation)

Retardasi Pertumbuhan Dalam Rahim
Retardasi Pertumbuhan Dalam Rahim (IUGR) menunjukkan seorang bayi yang baru lahir berukuran kecil dibandingkan usia kehamilannya. Menurut definisi, berat badan lahirnya di bawah sepuluh persentile (paling rendah 10%) untuk usia kehamilan bayi. Artinya 9 dari 10 bayi dari pertumbuhan normal lebih besar.

Bila usia kehamilan cukup—artinya tanggal benar dan kehamilan sejauh yang diharapkan—dan berat badannya di bawah sepuluh persentile, maka harus diperhatikan. Bayi dengan retardasi pertumbuhan mempuyai angka kematian dan luka lebih tinggi daripada bayi dengan kisaran berat badan normal.

Diagnosis dan Pengobatan IUGR

Diagnosis IUGR dapat sulit dilakukan. Salah satu alasan dokter anda mengukur anda pada setiap kunjungan adalah melihat bagaimana rahim anda bertumbuh. Masalah biasanya ditemukan dengan pengukuran rahim sepanjang periode waktu dan menemukan tidak ada perubahan. Jika ukuran anda 10,8 inci (27 cm) pada kehamilan minggu ke-27 dan pada minggu ke-31 ukuran anda hanya 11 inci (28 cm), dokter anda akan memperhatikan IUGR dan menyarankan pemeriksaan.

Diagnosis jenis masalah ini merupakan salah satu alasan penting untuk menepati perjanjian prenatal anda. Anda mungkin tidak memperhatikan pada setiap perjanjian, tetapi hal itu akan membantu dokter anda melihat kehamilan anda bertumbuh dan bayi makin besar.

Retardasi pertumbuhan dalam rahim dapat didiagnosis atau dipertegas dengan USG. USG juga digunakan untuk memastikan bayi sehat dan tidak ada cacat yang harus dirawat saat lahir.

Saat IUGR didiagnosis, hindari melakukan hal yang dapat memperburuknya. Berhenti merokok. Perbaiki gizi anda. Hentikan penggunaan obat-obatan dan alkohol.

Istirahat di tempat tidur merupakan pengobatan lainnya. Beristirahat memungkinkan bayi menerima aliran darah yang terbaik dan aliran darah yang lebih baik merupakan kesempatan yang terbaik untuk memperbaiki pertumbuhan. Jika penyakit ibu menyebabkan IUGR, pengobatan meliputi perbaikan kesehatan umum ibu.

Seorang bayi dengan retardasi pertumbuhan dalam rahim berisiko meninggal sebelum lahir. Menghindari hal ini menyebabkan bayi dilahirkan sebelum cukup bulan. Bayi dengan IUGR tidak dapat mengatasi sakit melahirkan dengan baik; bedah Cesar lebih sering dilakukan karena tekanan janin. Bayi akan lebih aman di luar rahim daripada di dalam rahim pada beberapa kasus.


Penyebab IUGR

Apa yang menyebabkan retardasi pertumbuhan dalam rahim? Berikut ini beberapa keadaan yang meningkatkan kemungkinan retardasi pertumbuhan dalam rahim atau janin yang kecil.

Tembakau. Merokok dan penggunaan tembakau lainnya menghambat pertumbuhan bayi. Makin banyak rokok yang dihisap, makin besar kerusakan dan makin kecil bayi.

Penambahan berat yang kurang pada ibu. Seorang wanita dengan ukuran rata-rata atau lebih kecil yang tidak cukup bertambah berat mempunyai bayi retardasi pertumbuhan. Itulah sebabnya gizi yang baik dan diet yang sehat sangat penting selama kehamilan. Jangan berusaha menekan penambahan berat badan normal selama kehamilan. Penelitian menunjukkan bahwa saat kalori ditekan di bawah 1.500 per hari untuk waktu yang lama, IUGR dapat terjadi.

Masalah aliran darah ibu. Pre-eklampsia dan tekanan darah tinggi (hipertensi) dapat menyebabkan efek pada pertumbuhan janin.

Penyakit ginjal.

Ketinggian. Wanita yang tinggal di tempat yang tinggi dari permukaan laut cenderung mempunyai bayi dengan berat lebih kecil daripada bayi yang lahir dari wanita yang tinggal di tempat yang lebih rendah.

Penggunaan alkohol dan obat-obatan.

Janin kembar.

Infeksi pada janin. Cytomegalovirus, rubella atau infeksi lainnya dapat menekan pertumbuhan janin.

Anemia maternal. Akan tetapi, tidak semua pihak menerima anemia maternal sebagai penyebab retardasi pertumbuhan dalam rahim.

Kelainan tali pusar atau placenta.
Kelainan dapat menyebabkan terhambatnya pertumbuhan karena bayi kurang menerima nutrisi selama kehamilan.

Riwayat IUGR. Seorang wanita yang pernah melahirkan bayi retardasi pertumbuhan cenderung mengalami lagi pada kehamilan berikutnya.

Alasan lain untuk bayi yang kecil, tidak berhubungan dengan IUGR, antara lain kenyataan bahwa seorang wanita yang kecil mungkin memiliki bayi yang kecil; kehamilan yang lama dapat menyebabkan kekurangan gizi, bayi yang lebih kecil; dan janin yang cacat juga akan lebih kecil, khususnya bila kelainan kromoson terjadi.

sumber: dari sini

No comments:

Post a Comment