Thursday, August 11, 2011

Hubungan Telinga berdengung dan Tekanan Darah Tinggi

Kalau kita pikir-pikir tidak ada hubungan antara telinga berdengung dengan tekanan darah tinggi. Namun jika kita periksa teliti lagi telinga berdengung dan tekanan darah tinggi, maka akan kita temukan kesamaannya.

Hubungannya
Di satu sisi, tinnitus adalah istilah medis untuk telinga berdengung, ditandai dengan suara berdengung yang berlangsung selama beberapa jam, mungkin beberapa hari atau seumur hidup dan pasti sangat mempengaruhi atau mengganggu aktivitas kita sehari-hari.

Di sisi lain, hipertensi adalah kondisi yang ditandai oleh tekanan darah yang tinggi. Beberapa gejala umum dari hipertensi yaitu kita sering merasakan sakit di leher, sering tiba-tiba pusing atau pingsan saat kita berdiri.

Sangat penting untuk kita ketahui bahwa tinnitus dan hipertensi tidak terlalu mengganggu kesehatan, tetapi merupakan gejala awal dari beberapa penyakit, seperti diabetes, penyakit ginjal atau penyakit kardiovaskular. Dengan kata lain, memang tidak ada hubungan langsung antara telinga berdengung dan tekanan darah tinggi, namun perlu kita tahu apa penyebab dan cara mencegahnya.

Penyebab
Tinnitus dan hipertensi secara umum disebabkan oleh :
1. Hipertensi dan Tinnitus terjadi karena sering meminum alkohol atau minuman yang mengandung kafein.

2. Biasanya orang yang mengalami Tinnitus terjadi ketika seseorang stress dan sama juga dengan hipertensi biasanya orang tersebut terlalu gelisah atau stress.

Pengobatan
Ada beberapa cara untuk mengatasi efek dari telinga berdengung dan tekanan darah tinggi. Ini termasuk kedua perawatan medis menggunakan resep atau obat bebas atau pendekatan holistik. Aku merasa lebih baik untuk memulai dengan pendekatan holistik sebelum beralih ke obat-obatan.

1. Kurangi minuman yang beralkohol atau minuman yang mengandung kafein. Dan disarankan minum teh herbal atau minuman herbal lainnya, yang paling populer adalah gingko biloba.
2. Berhenti merokok atau menggunakan produk semacamnya karena nikotin dapat mengalir melalui darah ke telinga kita. Aliran darah yang mengandung nikotik atau semacamnya menyebabkan tingkat tekanan darah yang lebih tinggi.
3. Berolahragalah secara teratur. Olahraga dapat meningkatkan aliran darah melalui pembuluh darah, sehingga mengurangi hipertensi dan efek dari tinnitus.
4. Seringlah minum jamu-jamuan yang dapat menurunkan tekanan darah dan mengurangi jika tidak menghilangkan dering di telinga.

Seperti yang kita ketahui, telinga yang berdengung bisa jadi akibat tekanan darah kita yang tinggi, jadi sebaiknya kita harus mengobati masalah telinga yang berdengung.

1 comment: