Monday, August 1, 2011

Sakit Dada Kanan Akibat Batuk

Pernahkah Anda alami, sakit atau nyeri pada bagian sebelah kanan ? Nah coba deh tips berikut ini, semoga membantu.
Sifat nyeri yang pernah kita alami kemungkinan berasal dari masalah otot/tulang atau dapat juga dari paru-paru atau pleura (selaput pembungkus paru-paru). Nyeri dari otot/tulang biasanya muncul karena perubahan posisi, sedangkan nyeri dari pleura biasanya berhubungan dengan tarikan napas. Biasanya masalah dari pleura bukan karena merokok, melainkan ada infeksi di sana.

Di sarankan untuk memeriksakan diri ke dokter bila keluhan tidak membaik dengan konsumsi antinyeri (paracetamol) dan multivitamin. Kita juga bisa mencobanya lebih kurang 1 minggu. Bila tidak membaik, berobatlah ke dokter, mungkin diperlukan pemeriksaan rontgen.

Selain itu alangkah baiknya bila kita bisa berhenti merokok. Merokok lebih banyak menimbulkan kerugian daripada keuntungan yang Anda peroleh. Rokok dapat menyebabkan kanker paru, penyakit paru obstruktif kronik (PPOK), impotensi (lemah syahwat), penyakit jantung koroner, dan sebagainya. Melihat berat badan yang berlebih, sangat disarankan menghentikan kebiasaan merokok dan mencoba mengurangi berat badan. Mungkin saat ini kita merasa baik-baik saja, tetapi bila kebiasaan tersebut diteruskan, mungkin 10 tahun lagi banyak keluhan yang muncul.

Air soda dan soda susu tidak menetralisir paru-paru yang kotor karena asap rokok. Yang paling penting untuk dilakukan adalah stop merokok.

No comments:

Post a Comment