Monday, May 23, 2011

Membersihkan Gigi dan Mulut Balita


Usia Berapakah Balita Mulai Dibersihkan Gigi dan Mulutnya?

Pertanyaan di atas adalah pertanyaan yang sering muncul dan jawaban dari pertanyaan itu adalah bersihkanlah segera setelah gigi pertama muncul di dalam mulut.

Gigi susu yang sudah mulai tumbuh dibersihkan dengan sikat gigi bayi. Saat ini telah banyak tersedia sikat gigi latihan (training tooth brush) untuk bayi atau batita dengan harga terjangkau.

Sikat gigi ini ada 3 bentuk, bentuk pertama ujungnya terbuat dari karet, bulat memanjang dengan gerigi yang tumpul untuk melatih anak supaya terbiasa dengan pembersihan gigi. Karena terbuat dari karet yang lembut, tidak apa-apa apabila kemudian sikat itu digigit-gigit atau dihisap oleh bayi asal orang tua yakin sudah bersih.

Tahap dua bentuknya lebih menyerupai sikat gigi biasa namun masih terbuat dari karet. Tahap 3 berupa sikat gigi biasa dengan ukuran kecil dan bulu yang lembut. Apabila gigi bayi sudah terbiasa dibersihkan, pengenalan sikat gigi biasa ini pada anak saat giginya sudah tumbuh sempurna, tidaklah terlalu sulit lagi.


Ada juga bulu sikat gigi yang tempatnya dapat di masukkan ke dalam telunjuk tangan orang tua, sehingga tekanan bulu sikat dapat lebih dirasakan orang tua untuk mendapatkan efek pembersihan maksimal, namun tidak menimbulkan rasa sakit pada anak.

Lakukan pembersihan gigi setiap hari saat anak segar, tidak rewel, dan mengantuk dengan teliti namun tidak terlalu lama supaya bayi tidak menjadi bosan. Untuk batita (anak di bawah usia 3 tahun) tidak usah memakai ritual kumur atau pasta gigi.

Yang paling mudah bagi mereka adalah minum air putih sebelum dan sesudah pembersihan gigi. Jadikan hal ini menjadi kebiasaan rutin setidaknya dua kali sehari. Pada usia 3 tahun ke atas, anak bisa mulai diajarkan berkumur tapi tetap dengan air matang.
 
Jangan berpikir untuk memberikan pasta gigi sampai anak sudah bisa membuang air kumurnya dengan baik dan itu butuh proses serta latihan.

Referensi
Kiat Merawat Gigi Anak, Oleh Drg. CHAERITA MAULANI

Kirim Artikel anda yg lebih menarik di sini !

No comments:

Post a Comment