Monday, July 20, 2009

Cerebral Palsy

Cerebral palsy (CP) merupakan suatu kelainan gerakan dan postur tubuh yang tidak progresif. Penyebabnya karena suatu kerusakan atau gangguan pada sel-sel motorik pada susunan saraf pusat yang sedang tumbuh atau belum selesai pertumbuhannya. CP biasanya muncul sebelum anak lahir atau ketika anak berumur 3-5 tahun.

CP terbagi tiga tipe :

  1. CP spastic – menyebabkan kesulitan dan kekakuan gerak
  2. CP athetoid – mengacu pada gerakan yang dilakukan di luar kesadaran dan kontrol
  3. CP ataxic – menyebabkan terganggunya saraf keseimbangan dan persepsi

Penyebab CP belum diketahui secara jelas, tapi kemungkinan dikarenakan infeksi, masalah saat sang ibu hamil, atau kurangnya suplai oksigen ke otak janin.

Meskipun CP belum bisa disembuhkan tapi bisa dicegah dan dilakukan seragkaian terapi yang dapat mengurangi gangguan yang muncul. Selain itu CP juga bisa dideteksi dengan dilakukan pemantauan secara dini. Pada bayi yang dicurigai CP , dokter akan melihat adakah keterlambatan perkembangan sesuai tahapan perkembangan normal, seperti bila pada umur 4 bulan bayi belum bisa meraih mainan atau bayi berusia 7 bulan belum juga bisa duduk maka segera tanyakan ke dokter.


Pencegahan CP

  • Sebelum hamil, persiapkan kesehatan ibu dengan baik- pola makan maupun masalah kesehatan.
  • Pastikan keamanan di rumah sehingga bayi terjaga.
  • Jangan menggendong dan menimang bayi dengan ayunan berlebihan.
  • Pastikan keamanan bayi saat berkendara.

Pengobatan CP

Pengobatan CP yang dilakukan dokter dan terapis bertujuan mendapatkan pertumbuhan dan perkembangan yang maksimal dan potensial. Serangkaian terapi fisik akan diberikan. Tambahan, pengobatan dan tindakan pembedahan mungkin akan diperlukan dalam memperbaiki dislokasi tulang panggul dan tulang belakang.

Sumber: dari sini





Cerebral palsy adalah gangguan perkembangan otak yang disebabkan oleh kelainan atau lesi yang tidak progresif pada satu atau lebih lokasi pada otak yang belum matang.Kelainan atau lesi tersebut dapat terjadi sebelum, saat, dan setelah kelahiran yang menyebabkan gangguan motorik dan juga sensorik. Cerebral palsy biasanya muncul pada awal kehidupan yaitu pada saat bayi atau balita.

Pada anak yang normal dan anak yang menderita cerebral palsy memiliki perbedaan. Pada saat usia anak normal sudah dapat berjalan tapi pada anak yang menderita cerebral palsy belum bisa berjalan. Dan pada anak yang menderita cerebral palsy pertumbuhannya tidak secepat pada anak normal.

Penyebab terjadinya Cerebral palsy adalah:

1. Penyebab Cerebral palsy pre natal atau sebelum kelahiran:

· Faktor herediter ataupun genetic (keturunan)

· Infeksi (rubella,herpes)

· Anoxia

· Inkompatibilitas Rhesus

· Gangguan perkembangan dan pertumbuhan janin

2. Penyebab Cerebral palsy peri natalayau saat kelahiran:

· Resiko dari kelahiran prematur

· Asphyxia,Hypoxia

· Janin terlalu lama dalam kandungan

· Infeksi persalinan

3. penyebab Cerebral palsy post natal atau setelah kelahiran:

· Perdarahan pada otak

· Infeksi pada otak (meningitis,encephalitis)

· Keracunan

· Anoxia

No comments:

Post a Comment