Sunday, April 15, 2012

Menari Bermanfaat Bagi Kesehatan

Kita ketahui menari merupakan salah satu olah raga fisik yang menyenangkan, tapi juga berdampak menyehatkan badan kita. Banyak macam jenis tarian, salsa, tango dan masih banyak tarian lainnya yang dapat membakar kalori dan juga dapat melawan penyakit. Nah kalau sering latihan menari secara rutin, maka dapat memberikan manfaat, seperti :

Mempercantik Penampilan Tubuh / Seksi

Bagi sebagian orang, menari merupakan cara seksi untuk membentuk tubuh, terlebih lagi jika dilakukan berpasangan. Seperti dampak dari latihan cardio, seperti berlari atau aerobik

Sangat Menyenangkan

Menari merupakan cara yang menyenangkan dan energik untuk berolahraga dibandingkan harus menjalani latihan diatas treadmill yang monoton. Bergerak saat menari juga dapat memicu pelepasan hormon serotin dan endorfin, yang membuat perasaan bahagia.

Mudah Sekali dilakukan

Menari dapat dilakukan oleh siapa saja bahkan jika mereka tidak memiliki keahlian dan masih malu. Siapapun bisa memulai menari dan menikmati pengalaman tersebut.

Mempertajam ingatan

Aktivitas mental, seperti membaca dan bermain game dapat membantu menjaga ketajaman otak dan bahkan mencegah demensia di kemudian hari. Tapi menurut sebuah penelitian, menari juga memberikan efek yang sama.
Temuan yang diterbitkan dalam New England Journal of Medicine menunjukkan bahwa orang yang menari secara teratur dapat menurunkan risiko demensia hingga 76 persen, lebih banyak dari aktivitas lain, seperti bermain musik atau bermain catur, monopoli, ular tangga atau halma. Sementara aktivitas fisik lainnya, seperti bersepeda, berjalan dan melakukan pekerjaan rumah tangga, tidak terkait dengan penurunan risiko.

Melatih keseimbangan Tubuh

Menurut data dari Control and Prevention Amerika, satu dari tiga orang dewasa berusia 65 tahun keatas akan mengalami jatuh. Lantas apa yang bisa membantunya mengurangi risiko tersebut ?
Sebuah review penelitian terbaru menemukan bahwa menari dapat membantu meningkatkan keseimbangan dan akhirnya mengurangi risiko jatuh berbahaya.

Olahraga Murah Meriah

Anda tak memerlukan alat kebugaran untuk memulai menari. Solusi termudah adalah dengan menyetel musik favorit Anda dan mulai menggerakan tubuh di ruangan rumah Anda, yang dengan sendirinya sudah dapat membakar banyak kalori. Lakukanlah seakan tak ada seorangpun yang melihatnya demi kesehatan Anda.

Sangat Menyehatkan

Tidak seperti latihan kardio biasanya yang lebih terstruktur dan kuat, menari lebih bebas mengalir dan memungkinkan Anda untuk menyesuaikan tempo ketika tubuh perlu istirahat.
Beberapa penelitian bahkan sudah mengungkapkan bahwa menari secara teratur bisa mengurangi risiko terjadinya gangguan, seperti kanker usus besar, diabetes hingga tekanan darah tinggi. Selain itu, menari juga membantu meningkatkan postur tubuh dan mencegah masalah punggung bawah. Dengan menari dapat meningkatkan kesehatan jantung, meningkatkan stamina, memperkuat tulang dan otot, serta mencegah berbagai penyakit, seperti diabetes dan penyakit jantung. Bahkan, menari selama setengah jam dapat membakar 130-150 kalori.

No comments:

Post a Comment