Wednesday, June 25, 2008

Buah, Nutrisi dan Manfaatnya

Anda pencinta buah-buahan ? Tahukah Anda , apa dari buah-buahan yang membuat anda sehat? Berikut ini 10 daftar buah-buahan terkenal manfaatnyadan nutrisinya.

1. Apel
Apel adalah jenis buah-buahan yang memiliki banyak varietas. Apel yang dimasak cenderung berkadar gula rendah disbanding jenis yang dimakan langsung. Apel mengandung karbohidrat terutama ketika sedang tumbuh, kaya pectin (sebuah jenis serat) dan beberapa varietas biasa biasa dibuat sari buah apel.Apel mengandung flavonol yang disebut quarcetin yang dalam beberapa penelitian memiliki bahan anti kanker. Sebuah penelitian di Finlandia ditemukan makan banyak apel dikaitkan dengan penurunan resiko kanker paru-paru.Quercetin juga mengandung bahan anti radang sehingga bermangfaat bagipenyakit seperti arthritis.sebagai obat tradisional,apel digunakan untuk menyembuhkan sembelit dan ape yang dimasak dipakai untuk menghentikan diare. Sementara kandungan gizinya apel mngandung fitamin C tapi tida sebanyak buah jeruk.

2. Strawbery
Strawbery adalah jenis buah yang sangat menarik selera karena bentuk dan warnanya yang mencolok. Strawbery mengandung ellagic acid sebagai antioksidan. Dalam beberapa penelitian ellegic acid terbukti dapat menghalangi pertumbuhan tumor dalam paru-paru, osephagus, payudara, cervix, dan lidah.Sementara penelitian di Amerika strawberry dapat mengurangi resiko kanker dan asap rokok. Sebagai obat tradisional, strawberry diyakini memiliki anti bakteri dan digunakan sebagai pembersih system pencernaan. Strabery adalah jenis buah yang hamper tidak dapat dicerna namun banyak mengandung vitamin C. Strabery mudah busuk sehinnga jarang disimpan lama melainkan dimakan pada saat itu. Wanita dewasa disarankan makan 5 bauh strawbery per hari

3. Pisang
Buah yang banyak tumbuh di Negara beriklim tropic ini merupakan sumber vitamin B6 yang dibutuhkan untuk membuat serotonin dalam otak. Serotonin berfungsi mengurangi rasa sakit, menekan nafsu makan dan membuat merasa relaks dan mengurangi ketegangan. Sebagai obat tradisional, pisang digunakan untuk menyembuhkan bisul perut.Tidak seperti bua-buah lain, pisang mengandung banyak karbohidrat, sedikit mengandung karotin dan vitamin C namun kaya potassium.

4. Melon
Melon adalah buah yang banyak tumbuh diiklim subtropik dan mengandung gula yang tinggi dan lycopene yang berfungsi sebagai anti kanker. Melon merah dan orange juga mengandung caroteroid yang dapat melindungi sel tubuh terhadap kerusakan free radical dan dapat juga diubah menjadi vitamin A dalam tubuh. Vitamin A diperlukan untuk menjaga system kekebalan kulit mata yang sehat.Melon dikenal sebgai buah yang mengandung kadar air yang tinggi. Sepotong melon sama dengan satu gelas air. Melon juga mengandung vitamin C.

5. Jeruk
Jeruk termasuk buah yang memiliki banyak varietas dengan berbagai keunggulan masing-masing dari mulai yang memiliki rasa asam hingga manis. Jeruk mengandung pytochemical yang disebut hesperidin yang berfungsi sebagai anti oksidan. Jeruk juga sumber pectin yang berfungsi menurunkan tekanan darah dan termasuk buah rendah serat namun sumber vitamin C dan folate.

6.Mangga
Mangga adalah buah yang memiliki lebih dari 2000 varietas. Buah ini banyak tumbuh di Negara-negara timur jauh termasuk Afrika Barat. Mangga mengandung carotenoid yang desebut beta crytaxanthin, sebuah antioksidan yang dapat melindungi terhadap beberapa jenis kanker seperti kanker usus dan kanker tulang tengkuk. Mangga termasuk buah yang kaya caratenoid, serat dan vitamin C

7. Kiwi
Kiwi adalah buah yang tersedia sepanjang tahun dan banyak ditemukan di Selandia Baru, Brasil, Italia dan Perancis. Kiwi mengandung sebuah pigmen yang disebut chlorophyll yang memberikan buah tersebut berwarna hijau. Dalam dunia kedokteran kiwi dapat diubah menjadi sebuah senyawa yang memiliki kemampuan mengikat kanker.

8. Plum
Buah yang banyak memiliki banyak varietas, sebagian besar tumbuh di Inggris, Amerika, Perancis, Italia, Spanyol. Plum mengandung phytochemical yang disebut ferulic acid yang memiliki senyawa anti kanker. Penelitian menunjukan banyak konsumsi ferulic acid dapat membantu menurunkan resiko kanker usus

9. Anggur.
Anggur buah yang banya dibuat untuk minuman dan bisajuga langsung dimakan sebagai desert. Kulit anggur mengandung phytochemical yang disebut resveratrol yang terbukti dapat meningkatkan kesehatan jantung, anti kanker, antibakteri dan mengandung antioksidan. Anggur buah yang memiliki kandungan vitamin C rendah.

10. Nanas
Termasuk jenis buah tropis yang aslinya berasal dari Amerika Selatan. Nsnsd mengandung enzimbromelain yang memiliki kemampuan untuk mengurai protein. Nanas sering dipakai sebagai bahan pelunak daging selain berguna membantu pencernaan, menguraikan pembekuan darah, mencegah sinusitis dan infeksi saluran kencing.Nanas merupakan sumber vitamin C dan serat dan mengandung kadar gula yang tinggi.

sumber : adriyan-infokesehatan.blogspot.com

No comments:

Post a Comment