Tuesday, June 3, 2008

Trik Sehat Menjaga Metabolisme Tubuh

Anda ingin metabolisme tubuh tetap fit di sepanjang tahun 2008 ? Caranya mudah perhatikan saja pola makan Anda ! Lainnya ? Coba simak penjelasan di bawah ini.:
1. Untuk mempertahankan tubuh agar tetap shape dan sehat sepanjang tahun, sebaiknya Anda makan yang teratur agar metabolisme tubuh pun teratur. Jangan lagi menahan lapar karena kesibukan di kantor yang tidak bisa ditinggalkan. Jangan pula makan hanya karena Anda 'lapar mata'. Makan sembarangan, artinya bukan hanya menunjukkan tempat dimana Anda makan tetapi juga jadwal makan harian. Bagi Anda yang aktif sepanjang tahun, sebaiknya tetap konsiten pada jadwal makan yang telah Anda tentukan. Makanlah dengan teratur, pagi, siang dan malam. Anda tidak terbiasa sarapan? Anda bisa mengawali hari dengan jus buah atau segelas susu. Menu makan siang pun jangan sembarangan. Empat sehat 5 sempurna ada baiknya Anda coba. Sebisa mungkin hindari fast food. Anda perlu sumber tenaga, oleh karena itu carilah sumber tenaga yang terbaik.
2. Jangan terlalu sering minum teh. Selain air mineral, teh kerap menjadi pilihan saat kita makan. Jika ini sering Anda lakukan, mulai sekarang coba kurangi kebiasaan tersebut.
Pasalnya, minum teh tidak boleh terlalu sering, karena kandungan t6annic acid yang terkandung di dalam teh bisa menghambat penyerapan zat besi dalam makanan yang Anda konsumsi. Sebaiknya Anda lebih memilih banyak minum air putih, minimal delapan gelas perhari untuk memperlancar sistem metabolisme tubuh. Minum-minuman bersoda. Minuman terbaik adalah air putih. Sebaiknya Anda tidak terlalu banyak minum air teh dan kopi. Anda harus selalu ingat untuk menghindari soft drink atau minuman bersoda. Minum ini akan menghambat proses metabolisme tubuh karena mengandung zat-zat kimia lain yang belum tentu diperlukan. Minum air putih 8 gelas setiap hari. Dua liter air yang kita konsumsi itu ternyata gunanya untuk mengatur suhu tubuh, aliran darah dan menyebarkan gizi ke seluruh tubuh Anda. Jadi tak ada ruginya Anda membiasakan diri mengkonsumsi air putih dengan takaran yang tepat.
3. Pilih roti gandum. Roti gandum atau yang lebih dikenal dengan sebutan whole wheat bread ini memang selalu jadi andalan pelaku diet. Roti gandum mengandung serat tinggi, anti oksidan, fitoestrogen (baik untuk mencegah penyakit jantung dan kanker), vitamin, mineral dan juga zat besi. Karena selain mudah cerna, roti gandum juga mengandung banyak gizi. Tahukah Anda, kalau nasi putih yang selama ini Anda makan ternyata memiliki watak yang jelek untuk metabolisme tubuh ? Nasi putih yang lembut itu termasuk ke dalam golongan karbohidrat sederhana yang mudah diserap dan mudah disimpan menjadi lemak di tubuh, membuat tubuh mudah lemas, dan membuat Anda cepat merasa lapar.
4. Perbanyak makan makanan organik. Makan makanan organik akan sangat membantu proses metabolisme tubuh, karena dengan makan makanan organik berati makanan yang Anda makan bebas dari racun yang di dapat dari luar seperti pupuk, peptisida, dan sebagainya. Makan makanan organik menjadikan metabolisme meningkat serta mengeluarkan dan mengurangi sifat asam dari dalam tubuh. Makan makanan instant. Makanan instan memang sangat lezat rasanya, selain itu juga sangat praktis dalam pengolahan. Namun, makanan instan ternyata sangat membahayakan metabolisme tubuh. Gizi yang terkandung dalam makanan instan sudah sangat berkurang. Kalaupun masih terdapat nilai gizinya, dikhawatirkan sudah rusak. Pengolahan makanan instan juga sering dicampur dengan bahan makanan kimia.
5. Penuhi kebutuhan tidar malam Anda. Kurang tidur pastinya membuat Anda mudah lelah. marah dan tak bisa berkonsentrasi. Usahakan tidur malam Anda sebanyak 9 jam. Jika porsi tidur ini belum bisa Anda penuhi, coba gantikan dengan istirahat tidur siang.
6. Stres bisa menjadi salah satu faktor yang membuat metabolisme tubuh Anda melemah. Stres bisa mempermudah penyakin masuk ke dalam tubuh dan memperlambat proses penyembuhan. Luangkan waktu untuk berbincang dengan sahabat atau hang out di tempat favorit Anda. Jadilah seseorang yang selalu diliputi rasa bahagia.
7. Olahraga dengan teratur tentu saja akan meningkatkan kesegaran tubuh Anda. Lakukan saja olahraga ringan seperti bersepeda atau jogging bersama sahabat Anda. Lakukan dengan penuh suka cita. Karena olahraga yang dilakukan secara terpaksa juga tak bisa berbuah maksimal.
8. Pertahankan berat badan dengan mengkomsumsi makanan dengan kebutuhan kalori seimbang, karena masing-masing individu mempunyai kebutuhan kalori yang berbeda-beda.

No comments:

Post a Comment