Saturday, July 4, 2009

Hepatitis B dan Kehamilan

Infeksi virus hepatitis B dapat menyebabkan masalah kesehatan. Seseorang yang terinfeksi virus ini mungkin tidak menunjukkan tanda-tanda terinfeksi, namun dapat menularkannya pada kepada orang lain.

Infeksi virus hepatitis B merupakan masalah khusus pada wanita hamil. Tidak hanya wanita hamil sendiri yang menghadapi infeksinya, juga dapat menularkan virus ke bayinya kira2 1 dalam 500-1000. Wanita hamil lebih mungkin terinfeksi tetapi tidak menunjukkan tanda-tanda apapun.

Virus hepatitis B adalah salah satu dari sejumlah virus yang menyerang dan merusak hati. (Jenis lain termasuk hepatitis A, hepatitis C, dan hepatitis D). Hepatitis B Virus ini menularkan dari orang ke orang dengan cara yang terinfeksi cairan tubuh. Cairan tubuh termasuk: darah, semen, cairan vaginal dan air ludah.

Virus dapat menyebar melalui hubungan seks. Virus juga dapat menular kepada seseorang yang terkontak dengan darah dari orang yang terkena. Hal ini dapat terjadi dalam berbagai cara, misalnya dengan berbagi jarum dengan seseorang yang terinfeksi virus. Virusnya juga dapat tertular selama proses pertolongan persalinan.

Penyakit ini dapat bersifat kronis (jangka panjang). Hepatitis kronis dapat mengancam kehidupan. Orang dengan hepatitis kronis bisa mengalami komplikasi , seperti sirosis dan kanker hati.

Gejala-gejala hepatitis dapat berupa

* Kelelahan
* Kehilangan nafsu
* Mual
* Penyakit kuning (kulit dan mata)
* Pipis jadi berawarna gelap
* Rasa nyeri di hati
* Nyeri2 otot

Sering setelah terkena hepatitis ini seseorang menjadi kebal (imunitas alami) tetapi ada juga yang tidak menjadi kebal, tetapi tidak menunjukkan tanda infeksi. Orang ini disebut carrier (pembawa). Carrier dapat menularkan ke orang lain. Seorang wanita yang carrier dapat menularkn virus ke bayi saat lahir.

Ketika wanita hamil yang terinfeksi virus hepatitis B, ada kesempatan akan tertularnya janin. Apakah bayi akan mendapatkan virus tergantung pada saat terjadinya infeksi. Jika terjadi di awal kehamilan, kesempatannya kurang dari 10% akan tertular virus. Jika terjadinya infeksi ibu diakhir kehamilan , maka 90% kesempatan bayi akan terinfeksi.

Hepatitis dapat parah pada bayi. Hal ini dapat mengancam kehidupan mereka. Bayi baru lahir yang terinfeksi memiliki risiko tinggi (hingga 90%) menjadi carrier dan dapat menularkan ke orang lain. Ketika mereka menjadi dewasa, bayi carrier memiliki 25% risiko mati akibat sirosis hati atau kanker hati.

Ada langkah-langkah yang dapat dilakukan untuk mencegah terinfeksi hepatitis B virus. Salah satunya adalah seks yang aman. Penggunaan kondom saat berhubungan seks dapat membantu mencegah infeksi virus hepatitis B dan penyakit menular seksual (STD) lainnya, seperti HIV/AIDS.

Siapa yang harus menjalani pemeriksaan ?
  • Semua wanita hamil saat ANC pertama kali harus di cek HBsAg.
  • Setiap wanita yg akan melahirkan yang tidak menjalani pmeriksaan HBsAg saat kunjungan ANC-nya.
  • Lebih dari 90% dari perempuan ditemukan HBsAg positif pada rutin pemutaran film akan
  • Semua rentan kontak (termasuk semua anggota keluarga) dengan panel hepatitis B (HBsAg, antiHBc, antiHBs).
  • Skrining dan vaksinasi yang rawan kontak harus dilakukan

  • Interpretasi hasil panel HBV :
    tabel interprestasi hbv
    Source: CDC

    Perlakuan pada pasien infeksi HBV akut adalah terapi supportive. Dapat diberikan interferon-alpha atau lamivudine. Interferon tidak berdampak negatif pada janin. Lamivudine bersifat teratogenic pada TM I. Boleh digunakan mulai TM II untuk mencegah penularan perinatal.(ACOG)

    Sumber: dari sini

    No comments:

    Post a Comment