Saturday, July 4, 2009

Mammography

Kanker payudara adalah momok yang menakutkan bagi wanita. Bahaya kanker payudara bukan hanya bisa merengut nyawa sesorang, tapi juga menjadi ancaman psikologi bagi siapapun yang telah divonis mengidap penyakit ini. Upaya untuk mendeteksi adanya sel kanker secara dini harus segera dilakukan Sebelum kanker terlanjur mencapai stadium tinggi. Salah satu cara untuk mendeteksi kanker payudara adalah dengan melakukan test Mammogram. Apasih test Mammogram itu dan apa manfaatnya bagi kita? berikut pembahasannya.

Tentang Mammography

Mammography adalah pemeriksaan medis yang bertujuan untuk mengecek payudara pasien guna mendeteksi ada tidaknya pertumbuhan sel di rongga dada yang berpotensi menjadi tumor atau kanker. Pemeriksaan ini meliputi penggunaan sinar x dengan dosis rendah pada payudara melalui proses inonasi radiasi untuk menciptakan gambaran bagian dalam organ payudara. Cara ini merupakan cara yang paling akurat untuk mendeteksi kanker payudara pada seseorang.

Diagnosa Mammogram

Setelah dilakukan test Mammography, biasanya pasien diharuskan datang kembali ke ahli radiologi guna melakukan pemeriksaan lanjutan, yaitu pemeriksaan Biopsy. Pemeriksaan Biopsy bertujuan untuk mendiagnosa tingkat kanker payudara pada pasien. Sebuah penelitian di Amerika mengungkapkan 7 dari 1000 orang wanita yang dicurigai mempunyai gejala kanker payudara setelah melakukan test Mammography dianjurkan untuk melakukan test Biopsy, hasilnya hanya 3.5% saja yang bener-benar didiagnosa membawa penyakit tersebut.

Proses pemeriksaan Mammography dan Biopsy tersebut dikenal dengan "diagnosa Mammogram", yang biasanya juga meliputi teknik ultrasound. Jika ternyata pertumbuhan sel kanker tergolong jinak maka tidak perlu lagi dilakukan pemeriksaan lanjutan. Sampai saat ini Mammography dianggap sebagai cara terbaik untuk mendeteksi kanker payudara, namun belum menjamin bahwa sel kanker akan terdeteksi seluruhnya, karena seringkali sel kanker berada tersembunyi di beberapa jaringan payudara.

Maanfaat Mammography

Bagi penderita kanker, pemeriksaan Mammography sedini mungkin dapat membantu pasien memperoleh penanganan secepatnya terhadap kanker payudara, dan mencegah kanker menyebar ke jaringan lainnya. Selain Mammography, kesadaran kita untuk melakukan pengecekan berkala terhadap payudara secara manual juga dibutuhkan agar lebih cepat mendeteksi jika terjadi ketidaknormalan pada payudara.

No comments:

Post a Comment