Friday, July 11, 2008

BOLEHKAH MINUM LANGSUNG DARI KRAN ?

BAGI kamu yang rumahnya telah memiliki sambungan air minum dari PDAM, apakah kamu bisa meminum langsung air yang keluar dari kran? Kalau PDAM itu singkatan dari Perusahaan Daerah Air Minum, kenapa Air yang dialirkan ke rumah-rumah tidak bisa langsung diminum?

Syarat air bisa diminum adalah memenuhi minimal 3 persyaratan indikator sederhana, yaitu : 1) Tidak Berwarna, 2) Tidak berbau, 3) Tidak Ber-rasa. Lebih jauh lagi dengan pemeriksaan laboratorium, air yang boleh dikonsumsi (diminum) haruslah memenuhi standard baku mutu air minum yang tercantum dalam Keputusan Menteri Kesehatan 907 tahun 2002 tentang Syarat-syarat dan pengawasan Kualitas Air Minum.

Air yang dikelola oleh PDAM terutama yang telah melalui proses pada IPA (Instalasi Pengolahan Air) / WTP (Water Treatment Plant), haruslah memenuhi standard kualitas air minum. Jadi kamu bisa langsung meminum air yang baru keluar dari IPA tersebut.

Tapi kenapa air yang tiba di rumah kamu tidak bisa langsung diminum? Air yang tiba di rumah kamu telah melewati jaringan perpipaan. Nah karena umumnya jaringan pipa yang digunakan adalah peninggalan jaman dahulu, atau karena proses pemasangan yang kurang sempurna, maka pipa-pipa itu kadang bocor. Kebocoran pipa ini juga berarti ”terbuka” nya jalan masuk dari ”luar” pipa, seperti tanah, bakteri, hingga air kotor.

Mencari pipa yang bocor adalah pekerjaan yang sulit, dimulai dari mencari titik bocor (bayangkan kamu harus mencari pipa bocor yang berada di dalam tanah), walaupun sudah ada teknologi yang memudahkan hal itu, namun pekerjaan untuk ”menambal” atau mengganti pipa yang rusak juga memiliki kerepotan tersendiri.

Beberapa kota di Indonesia PDAM nya sudah mulai mendistribusikan air minum ke pelanggan, walaupun baru kepada daerah ”tertentu” atau baru berupa titik kran untuk umum.

Kamu sekarang sudah tahu kan bahwa PDAM di Indonesia sudah memproduksi air yang bisa langsung minum, persoalannya ada di jaringan pipa distribusi. Oh ya walaupun air yang keluar dari kran air di rumah kamu sudah bisa langsung minum, apakah kamu tetap harus merebusnya sebelum kamu minum?

No comments:

Post a Comment