Monday, July 7, 2008

Mendengkur Bukan Pertanda Tidur Nyenyak

“Ayah..! Tadi malam ko ngoroknya kenceng banget sih..!!, protes istriku, “Masa sih, ko ayah ga tahu!”, jawabku mengoda istri, “Jelas aja ga tahu, tidurnya enak banget ! Mana Hafiz tidurnya ga bisa diem lagi! Bunda ga bisa tidur tahuuu…! Waduh jadi merembet kemana-mana nieh ….

Sebenarnya protes seperti ini bukan baru hanya sekali dilontarkan, tapi mau bagaimana lagi kalau ada tombol on dan off nya untuk ngorok, tentu saja saya akan pilih tombol off. Akhirnya seperti biasa, saya ingat slogannya Pak Gubernur “serahkan pada yang ahlinya”bertanyalah saya sama om google.

Mengapa sih waktu tidur orang mendengkur? Sewaktu tidur semua otot melemas, maka ketika nafas dikeluarkan langit-langit yang berada di belakang mulut tergetar, sehingga terjadilah suara yang dikenal dengan istilah mendengkur/engorok. Bunyi ini muncul karena udara tidak bebas mengalir melalui mulut dan hidung. Struktur mulut dan tenggorokan (lidah, tenggorokan atas, langit-langit atas, uvula, tonsil, dan adenoid) bergetar bersamaan.

Ternyata mendengkur tidak boleh kita pandang sebelah mata, konon katanya mendengkur dapat menyebabkan menderita hipertensi, stroke, serangan jantung, gangunan fungsi seksual, karena sewaktu mendengkur, kadar oksigen dalam tubuh menurun. Jika terjadi berulangkali, oksigen pun akan turun sehingga merusak pembuluh darah,mengantuk berlebihan di siang hari. Kok hampir mirip-mirip bahaya merokok yah..

Tip pencegahannya pun cukup mudah :

1. Latihan olahraga untuk memperkuat otot-otot dan mengurangi berat badan

2. Jangan minum alkohol sebelum tidur

3. Jangan minum obat penenang, obat tidur maupun anti histamin sebelum tidur

4. Tidur miring

5. Meninggikan bagian kepala dari tempat tidur sekitar 10 cm

6. Menggunakan berbagai alat bantu yang ada

7. Tindakan operasi adalah pilihan terakhir yang dapat dilakukan untuk mengurangi penderita mengorok dan henti napas saat tidur.

8. Dan banyak tips-tips lainya..

Perasaan tips nomor 1 sampai dengan 5 sudah dilakukan, tapi kok saya tetap ngorok yah? Apa lagi yang salah? Mungkin ada rekan wikimuers ada yang punya tips tersendiri dan ingin berbagi..!

* Sumber : berbagai sumber

No comments:

Post a Comment