Thursday, July 10, 2008

Seks Pasca Operasi Prostat

Anda yang mengidap kanker prostat dan berpikir untuk mengangkat kelenjar tersebut, kini dapat berbesar hati bahwa akan sangat memungkinkan untuk mengembalikan aktivitas seksual Anda, pasca operasi tersebut.

Menurut National Cancer Institute di Amerika Serikat, sekitar 219 ribu pria setiap tahun didiagnosa menderita kanker prostat dan hampir separuh dari angka itu mengalami pengangkatan kelenjar.

Sebuah penelitian di tahun 2005 memperlihatkan bahwa setahun setelah operasi, 97 persen pasien mampu untuk mencapai tahap “cukup kuat untuk penetrasi.” Namun, akhir tahun lalu, George Washington University dan New York University menyebutkan bahwa hanya kurang dari separuh pria yang telah dioperasi merasakan kehidupan seks mereka kembali normal pada jangka waktu setahun.

Beberapa variabel memberi pengaruh besar: tipe pasien, aktivitas seks sebelum operasi, dan yang paling penting adalah definisi impotensi yang digunakan oleh para dokter. Pasien yang tidak pernah menggunakan obat penguat sebelum operasi memiliki 85 persen peluang memperoleh kembali ereksinya setelah 18 bulan pasca operasi. Sementara pria berumur atau yang menggunakan obat ereksi sebelum operasi akan sulit pulih.

Variabel definisi impotensi-lah yang sering menimbulkan salah pengertian. Pasien menganggap ketidakpuasan seks setelah operasi sebagai impotensi, sementara bagi mata dokter, kemampuan ereksi sampai tahap “cukup kuat untuk penetrasi” sudah merupakan suatu keberhasilan.

Sumber : www.solusisehat.net

No comments:

Post a Comment