Monday, July 14, 2008

Pedas adalah sehat

Anda doyan dengan makanan yang pedas-pedas? jika iya, berarti anda beruntung. berikut akan di jelaskan keuntungan dari memakan cabai.

* Cabai dapat membuat anda cepat terlelap dan tidur lebih nyenyak.
* Capsaicin, bahan didalam cabai yang membuat rasa pedas, ternyata dapat berfungsi
untuk anti-radang dan dekongestan bagi penderita sinus.
* Cabai merah serta paprika mengandung banyak sekali vitamin C.
* Capsaicin juga dapat berfungsi sebagai antioksidan dan meningkatkan kerja
pencernaan. bahan ini juga membantu menyembuhkan diare karena infeksi bakteri.

Cara Pemakaian Cabai :
Untuk obat yang diminum, buah cabai rawit digunakan sesuai dengan kebutuhan. Dalam hal ini cabai rawit dapat direbus atau dibuat bubuk dan pil.
Untuk pemakaian luar, rebus buah cabai rawit secukupnya, lalu uapnya dipakai untuk memanasi bagian tubuh yang sakit atau giling cabai rawit sampai halus, lalu turapkan ke bagian tubuh yang sakit, seperti rematik, jari terasa nyeri karena kedinginan (frosbite). Gilingan daun yang diturapkan ke tempat sakit digunakan untuk mengobati sakit perut dan bisul.

Catatan:
Penderita penyakit saluran pencernaan, sakit tenggorokan, dan sakit mata dianjurkan untuk tidak mengonsumsi cabai rawit.
Rasa pedas di lidah menimbulkan rangsangan ke otak untuk mengeluarkan endorfin (opiat endogen) yang dapat menghilangkan rasa sakit dan menimbulkan perasaan lebih sehat.
Hasil penelitian terbaru, cabai rawit dapat mengurangi kecenderungan terjadinya penggumpalan darah (trombosis), menurunkan kadar kolesterol dengan cara mengurangi produksi kolesterol dan trigliserida di hati.
Pada sistem reproduksi, sifat cabai rawit yang panas dapat mengurangi rasa tegang dan sakit akibat sirkulasi darah yang buruk. Selain itu, dengan kandungan zat antioksidan yang cukup tinggi (seperti vitamin C dan beta karoten), cabai rawit dapat digunakan untuk mengatasi ketidaksuburan (infertilitas), afrodisiak, dan memperlambat proses penuaan.
Berbagai Sumber

No comments:

Post a Comment