Wednesday, July 30, 2008

Cegukan

Anda pasti pernah mengalaminya, saya pun dulu sering mengalaminya. Cuman cegukan yang saya alami tergolong ringan, karena beberapa menit kemudian cegukannya hilang. Ada teman yang beritahu, “Ambil air putih, kemudian minum secara miring (maksudnya minumnya agak menyamping, dengan kepala agak miring sedikit), jangan lupa berdoa dulu.”, katanya. Terus saya coba, wah ternyata ampuh juga. Saya tidak tahu ini karena ada pengaruh dari minum air putih sambil miring atau doa’nya yang ampuh. Tapi syukur deh bisa sembuh dalam beberapa menit.
Selain saran teman saya tersebut, ada juga yang memberi saran kalau lagi cegukan, berikut beberapa tip’s yang bermanfaat :
1. Menahan napas, minum segelas air dingin, atau makan sesendok gula.
2. Tarik dan buang nafas, kemudian tampung di dalam kantong atau kertas tertutup selama kurang lebih satu menit. Hidung dan mulut masuk ke dalam kantong tersebut. Maksudnya adalah untuk menahan dan meningkatkan CO2, sebab menurunnya jumlah CO2 dalam darah bisa menyebabkan cegukan. Setelah satu menit, Anda bisa beristirahat dan kemudian mengulangnya kembali.
3. Tidur berbaring dengan kedua lutut ditekuk ke arah perut. Lakukan beberapa saat hingga cegukan hilang.
4. dan pendapat dari orang tua Minum 1 sampai 2 gelas air putih.

Ada pendapat ternyata cegukan merupakan gejala aneka jenis penyakit, apalagi bila berlangsung dalam waktu lama. Wah bahaya tuh…. Kenapa bisa yah ???
Berikut ini penjelasan mengenai cegukan yang mungkin bermanfaat bagi kita semua :

Sebenarnya apa sih cegukan itu ?
Cegukan atau hiccups adalah kontraksi tiba-tiba yang tak disengaja pada diafragma, dan umumnya terjadi berulang-ulang setiap menitnya. Udara yang tiba-tiba lewat ke dalam paru-paru menyebabkan glottis (ruang antara pita suara) menutup, serta menyebabkan terjadinya suara hik…. hik….hik…..

Kira-kira apa yah penyebab cegukan itu ?
- Makanan pedas dan berbumbu serta asap tebal adalah pemicu cegukan. Pneumonia, radang selaput dada, atau kerusakan daerah tertentu di otak yang mengontrol pusat cegukan bertanggung jawab pada terjadinya cegukan.
- Cegukan biasa disebabkan oleh kebanyakan makan dan stress, apalagi cegukan terus-menerus, bisa-bisa badan kita jadi lemas.
- Masalah-masalah gastroinstestinal seperti susah buang besar, peradangan, komplikasi AIDS, atau efek samping pengobatannya, tumor sistem saraf, ensefalitis dan meningitis, alkoholisme, dan masalah yang ditimbulkan obat.
Wah jadi tahu nih penyebabnya.

Terus Cegukan yang bermasalah atau yang tergolong berat yang gimana tuh ?
- Konsekuensi dari cegukan yang lama dan tidak terkontrol adalah rasa penat, kehilangan berat badan, depresi, masalah-masalah yang berkaitan dengan detak jantung, reflux esofageal, dan kemungkinan kelelahan yang berlebihan dan kematian pada pasien yang lemah. Wah seram nih.
- Cegukan jenis ini biasanya terjadi terus-menerus, tak hanya berhari-hari tapi bisa berbulan-bulan. Cegukan jenis ini merupakan gejala adanya gangguan di otak (misalnya gejala tumor di batang otak), gejala stroke (pada penderita stroke sering timbul cegukan), infeksi di susunan saraf pusat (otak), adanya herpes di dada sehingga mengganggu saraf tepi, selain itu juga karena gangguan metabolik seperti pada penderita diabetes, atau penderita kelainan ginjal karena urenia. Juga karena gangguan elektrolit (kurang kalium), termasuk pengaruh obat-obatan seperti steroid atau obat tidur.
- Bila cegukan tak juga hilang sampai bertahun-tahun, perlu dilakukan tindakan bedah, di mana saraf yang menuju diagfragma akan dipotong. (wah gawat nih)

Terus gimana mengatasi atau mencegah hal tersebut :
Untuk cegukan yang sifatnya bermasalah, dianjurkan untuk meminum Chlorpromazin dan Tegretol. Obat ini harus dengan resep dokter, lho!!! Meski ampuh, kedua obat ini ternyata juga memiliki efek samping, yaitu menyebabkan kantuk.

Wow! Panjang ya ceritanya!

Berbagai Sumber

No comments:

Post a Comment