Wednesday, July 9, 2008

Manfaat Tomat

Sedari kecil pasti kita sudah mengenal dengan itu yang namanya tomat, atau yang di kenal dengan bahasa latin "Solanum licopersium" karna ibu ibu kita pasti sudah sering menggunakan nya semisal untuk sambal, bumbu sayur asam maupun lalapan untuk menu sehari - hari.
Buah tomat memang mudah didapat dan harganyapun cukup terjangkau, maka tidaklah heran bila banyak yang mengkomsusinya dengan berbagai cara, salah satunya di ulang jadi juz, pasti rasanya enak, khas dan segar sekali apalagi kalau di nikmati saat cuaca panas.
Ternyata di samping enak, buah inipun sangatlah bagus untuk kesehatan kulit karena dapat menghaluskan dan melicinkan wajah. Adapun keistimewaan dari tomat adalah tingginya kandungan likopen yang selain memberi warna merah juga efektif sebagai anti oksidan sehingga banyak di manfaatkan di industri sebagai masker.

Selain itu tomat juga mengandung zat tomatin yang bersifat antiinflamasi sehingga dapat menyembuhkan jerawat dan bisa di gunakan sebagai penglupas kulit mati secara alami yang sangat bagus hingga bisa mencegah terjadinya komedo.

Caranya yaitu : Potonglah buah tomat lalu gosokkan pelan-pelan pada wajah, biarkan mengering lalu bilas dengan air bersih. Lakukan luluran ini seminggu sekali agar sel-sel kulit mati penyebab kulit kasar dan kusam akan terangkat dan terkelupas. Bila cara ini di lakukan secara teratur akan mempercepat pergantian lapisan sel-sel kulit yang lebih muda dan dengan sendirinya menjadikan permukaan kulit akan tampak segar bercahaya.

Adapun bila mata anda terasa lelah terlalu banyak membaca ataupun nonton TV, cobalah ambil buah tomat lalu iris tipis-tipis,letak kan lah di kedua kelopak mata anda dan berbaringlah dengan rilex selama 10 mnt, dengan cara ini mata anda akan terasa segar kembali.
Sumber : Rina Rengganis

Artikel yang terkait :
- Tomat tingkatkan kemampuan kulit
- Makanan yang bermanfaat bagi kesehatan Laki-laki

No comments:

Post a Comment