Monday, July 7, 2008

Pekerjaan Bisa Membunuh Lho!

Lebih dari 10.000 PNS di Inggris menjadi responden dalam sebuah studi untuk melihat dampak stress akibat beban kerja tiap hari terhadap penyakit jantung.

Dr Tarani Chandola ahli epidemiologi di sebuah universitas di London yang memimpin studi yang hasilnya diterbitkan dalam European Heart Journal ini.

Seperti diketahui penyakit jantung terjadi biasanya karena penumpukan lemak yang mengeras dan memblok arteri atau karena tekanan darah tinggi yang merusak aliran darah.

Semua responden itu adalah pegawai negeri yang ditanyai mengenai beberapa tuntutan pekerjaan seperti seberapa besar kontrol yang mereka pegang atas pekerjaan tersebut, seberapa sering mereka istirahat dan seberapa tertekannya mereka setiap hari. Dan penelitian selama 2 tahun ini menyimpulkan bahwa 68% lebih banyak yang terkena jantung dan rata-rata berusia 50an tahun.

Yang kemudian terungkap adalah pekerja yang stres biasanya mengkonsumsi makanan sejenis junk food yang jauh dari sehat, merokok, minum alkohol dan malas olahraga. Jadi setelah mereka tak bisa menanggulangi stres yang timbul, pola hidup yang tidak sehat itu justru makin menyuburkan potensi penyakit jantung.

Maka Dr Tarani Chandola menyarankan agar berhati-hati dalam memilih pekerjaan karena salah pilih bidang akan membuat kita stres dan ..................

Sumber: beberapa sumber

No comments:

Post a Comment