Thursday, March 8, 2012

Asam Urat pengenalan

Pengenalan Asam Urat

Asam urat adalah peradangan sendi, yang setiap tahunnya mempengaruhi lebih dari setengah juta orang di Indonesia saja: mereka yang menderita  Asam urat  memiliki rasa sakit dan bengkak pada sendi. Jika tidak diobati, serangan penyakit ini dapat menjadi lebih sering dan menyakitkan, sebaliknya jika mereka benar-benar dirawat dapat mencegah  Asam urat lebih memburuk dan untuk mengendalikan rasa sakitnya. Dalam artikel singkat ini akan menjelaskan mengapa kita menderita sakit asam urat, bagaimana perawatan dan apa obat apa yang menyembuhkan Asam urat.

Penyebab Asam urat

Sendi, radang sendi dan asam urat

Struktur tubuh manusia dibentuk oleh 206 tulang, sendi antara dua tulang disebut sendi artikulasi . tulang ditutupi oleh selaput jaringan biasa di sebut tulang rawan, sementara dalam sendi mengalir cairan transparan, cairan sinovial, yang berfungsi untuk melumasi persendian, ibarat oli melumasi mesin. Cairan sinovial menyebabkan sendi untuk bergerak dengan cara meluncur, nyaris tanpa gesekan.

Ketika jaringan-jaringan sendi rusak atau terkena penyakit mungkin membengkak, menjadi merah dan panas dan dan amat menyakitkan. Gangguan ini disebut radang sendi atau arthritis biasa orang kita menyebut asam urat.

Ada lebih dari seratus berbagai jenis radang sendi,  asam urat  adalah salah satu dari mereka, dan mempengaruhi sekitar satu dari dua puluh dari mereka yang menderita arthritis: lebih khusus, disebabkan oleh kristal asam urat yang tersimpan di sendi.

Biokimia penyebab Asam urat


img credit wikipedia
Asam urat dan purin metabolisme
Purin adalah senyawa kimia hadir di semua sel tubuh, ketika sel membelah dan berkembang biak tubuh dan menggunakan kembali komponen untuk membangun sel baru. Purin lebih diekskresikan dari tubuh dengan urin dalam bentuk asam urat, lain senyawa kimia. Dalam beberapa kasus, kadar asam urat dalam darah mungkin sangat tinggi untuk kondisi ini disebut hiperurisemia.

Asam urat berlebih dalam tubuh membentuk kristal, sama seperti ketika Anda mencurahkan terlalu banyak garam dalam segelas air. Ketika garam mencair dan bercampur dengan air, dapat membentuk kristal yang mengendap ke dasar gelas. Di bawah mikroskop kristal asam urat yang tajam dan terlihat seperti jarum kecil. Pada beberapa orang kristal asam urat diendapkan pada sendi, sementara yang lain menumpuk di bawah kulit, membentuk massa yang dalam beberapa kasus mungkin dipicu dari luar dan yang mengambil nama tophus.

Sistem kekebalan tubuh melindungi tubuh dari penyakit, merasakan kehadiran kristal abnormal dan mulai menyerang, konsekuensinya adalah bahwa pasien akan menderita nyeri sendi, pembengkakan dan nyeri yang amat sangat. Asam urat berlebih juga dapat tertampung di dalam ginjal dan penyebab batu ginjal.

Faktor Risiko Asam urat

Asam urat mempengaruhi sekitar 840 orang per 100.000, dan laki-laki sedikit lebih beresiko dibanding wanita.

Beberapa orang lebih berisiko daripada yang lain berkaitan dengan akumulasi asam urat: beberapa penyakit keturunan dapat menyebabkan penumpukan asam urat, juga sebagian variabel dari 6 sampai 18 persen pasien yang menderita  asam urat  memiliki riwayat keluarga penyakit ini. Diet terlalu kaya purin dapat menyebabkan tubuh memproduksi lebih banyak asam urat, termasuk makanan yang kaya purin termasuk kerang dan organ-organ tertentu dari hewan, seperti ginjal hati, dan otak. Bahkan kacang kering, kacang polong, dan ikan mengandung banyak purin.

Jika Anda berlebihan dengan alkohol kemampuan tubuh untuk membuang asam urat darah terganggu dan kenaikan tingkat. Bahkan kontak yang terlalu lama cenderung meningkatkan kadar asam urat dalam darah.

Kelebihan berat badan merupakan faktor risiko untuk  Asam urat.

Beberapa obat, akhirnya, meningkatkan risiko hiperurisemia (tingkat tinggi asam urat dalam darah):

Obat-obatan diuretik menurunkan kemampuan tubuh untuk menghilangkan asam urat dari darah, memfasilitasi akumulasi mereka. Diuretik digunakan untuk mengobati hipertensi dan penyakit jantung.
Obat lain seperti levodopa diberikan kepada pasien yang menderita penyakit Parkinson, dan salisilat seperti aspirin, bisa menyebabkan peningkatan kadar asam urat dalam darah.
Pasien yang diobati dengan siklosporin memiliki risiko lebih tinggi menderita  asam urat : obat ini diberikan pada pasien yang menerima transplantasi organ untuk mencegah penolakan.

Gejala asam urat

Gejala pertama  asam urat  biasanya muncul menjelang usia empat puluh tahun, dan tingkat tinggi asam urat, tidak menyebabkan gejala, namun, bila kristal asam urat mulai terakumulasi dalam jaringan tubuh di bawah sendi kulit, dan ginjal.

Bagi banyak orang menderita asam urat, gejala pertama adalah rasa sakit, kemerahan, pembengkakan dan hallux sensitivitas. Gangguan ini disebut asam urat cepat atau lambat,maka mempengaruhi tiga perempat orang dengan  asam urat .

Di antara sendi yang paling sering terkena Asam urat meliputi:


  1. Pergelangan kaki
  2. Lutut,
  3. Pergelangan tangan,
  4. Jari,
  5. Siku.

Serangan pada peradangan sendi karena asam urat biasanya berlangsung beberapa hari dan meningkatkan tanpa terapi apapun, dengan berlalunya waktu tetapi mungkin menjadi lebih sering dan lebih lama, sehingga Anda akan perlu untuk campur tangan.

Jika asam urat tidak diobati dapat menjadi melemahkan kondisi tubuh, namun sebagian besar orang tidak sampai ke tahap ini karena gangguan ini biasanya ditemukan dan segera diobati.

Tahap terakhir adalah gout tofacea. Sendi dan dapat menyebabkan kerusakan permanen pada ginjal bisa rusak ireversibel.

Diagnosa asam urat


Bengkak dari asam urat

img credit wikipedia
(http://en.wikipedia.org/wiki/File:ChronicGout.jpg)


Setelah sejarah rinci dan kunjungan ke dokter mungkin akan meresepkan tes darah untuk memeriksa kadar asam urat: jika sendi yang meradang, bisa juga mengambil sampel cairan, dengan menggunakan anestesi lokal, untuk mengirimkannya ke ahli patologi yang meneliti di bawah mikroskop.

Jika ahli patologi tidak mendeteksi kristal dalam cairan sendi, dokter bedah dapat, dengan menghapus salah satu tophi di bawah kulit untuk mengirim ke laboratorium di mana ia akan diperiksa untuk kristal asam urat.

Para radiografi dalam beberapa kasus menunjukkan asam urat diendapkan dalam bentuk kristal dan kerusakan tulang karena peradangan berulang.

Penting untuk dicatat bahwa sebagian besar orang dengan hyperuricemia tidak menderita gejala rematik gout, seperti pembengkakan, nyeri kemerahan, dan sensitivitas.

Selama serangan akut kadar asam urat dalam darah tidak selalu tinggi: untuk alasan ini perlu untuk aspirasi cairan sinovial atau tophus pembedahan bagian dari laboratorium untuk diperiksa.

Perawatan dan Pengobatan asam urat

Anda dapat mengobati asam urat dengan obat:

meringankan rasa sakit yang disebabkan oleh serangan,
mengurangi peradangan pada sendi,
menurunkan tingkat asam urat dalam darah.
Untuk meringankan rasa sakit yang disebabkan oleh asam urat, dokter biasanya merekomendasikan acetaminophen, seperti Tachipirina ®. Aspirin, sebaliknya, harus dihindari, karena dapat mencegah ginjal untuk menghilangkan asam urat. Jika rasa sakit sangat ketat, dokter mungkin meresepkan analgesik yang lebih kuat seperti indometasin (Indoxen ®).

Pengobatan  asam urat  metode yang berbeda, yang paling penting adalah untuk mengontrol nyeri selama serangan. Pengobatan asam urat, juga bertujuan untuk mencegah serangan lebih lanjut dan pembentukan baru tophi dan batu ginjal.

Obat anti-inflammatory drugs (NSAID) efektif untuk pengobatan serangan akut, antara efek samping yang umum dari NSAID meliputi:

iritasi sistem pencernaan,
lambung dan usus borok,
usus berdarah,
reaksi alergi yang parah.
Jika perut pasien dan usus sensitif terhadap NSAID dapat meresepkan kortikosteroid untuk mengobati serangan akut.

Colchicine adalah obat lain yang efektif untuk mengurangi pembengkakan dan rasa sakit dan untuk menghentikan serangan, obat ini paling efektif bila diambil dalam waktu dua belas jam setelah serangan itu.

Untuk mengobati asam urat juga dapat diresepkan obat tertentu yang menurunkan tingkat asam urat dalam darah. antara mereka termasuk allopurinol (Zyloric ®) atau probenicid.

Pencegahan asam urat

Mengambil langkah-langkah untuk mencegah serangan  asam urat  adalah sama pentingnya untuk mengambil obat. Berikut adalah lima tips untuk mencegah asam urat:

Minum banyak air. Dengan cara ini akan memudahkan penghapusan asam urat dan akan mencegah deposit dalam jaringan.
Menurunkan berat badan, kurangi porsi makan dan berolahraga. Diet harus selalu diminum di bawah pengawasan medis, karena penurunan berat badan yang sangat cepat dalam beberapa kasus dapat memperburuk  asam urat!
Hindari makanan tinggi purin seperti kerang dan organ dalam hewan seperti hati, otak dan ginjal.
Jika Anda minum alkohol, cobalah untuk tidak berlebihan.
Minum obat untuk mengurangi tingkat asam urat dalam darah.
Selama serangan sisa asam urat dan meningkatkan sendi meradang bisa menghilangkan rasa sakit. Juga menempatkan kompres es pada artikulasi yang meradang membantu mengurangi rasa nyeri.

Namun saran yang terbaik tentang Kadar asam urat adalah dari dokter yang Anda percayai.
Artikel ini di olah dari berbagai sumber

No comments:

Post a Comment