Monday, March 26, 2012

Tips Membersihkan Telinga

Sering kali kita mengambil cutton bud, terus mengorek telinga, memang sih nikmat banget rasanya. Namun kita harus hati-hati, jangan sampai berniat membersihkan telinga, tapi telinga kita menjadi rusak. Bahaya dong yah.

Nah bagaiman cara agar telinga bersih dan sehat ?

Menurut Dokter Spesialis THT (Telinga Hidung Tenggorokan), dr Achmad Rofi'I Sp THT menyarankan kepada kita kalau tidak ada masalah pada telinga, tidak usah di bersihkan. Menurutnya lagi, membersihkan telinga sampai masuk ke telinga tengah sangatlah dilarang dan berbahaya.

Ujarnya lagi : "Untuk memasukkan cutton bud ketelinga tidak boleh, karena bisa mendorong kotoran telinga ke dalam, cutton bad hanya untuk membersihkan di luar atau di daerah yang keliatan saja,".

Karena jika sampai masuk ke dalam selain kotoran telinga bisa jadi menumpuk bisa juga menyebabkan infeksi karena dinding telinga atau tulang sangat tipis. Dan ini bisa menyebabkan infeksi telinga kita.

Menurut Rofi'I, telinga ada perlindungan sendiri yakni bulu-bulu disaluran depan telinga. Bulu-bulu pada telinga berfungsi untuk mengeluarkan kotoran telinga kita.

Sering saya lihat banyak dimasyarakat kita, terutama ibu-bu rumah tangga, banyak yang membersihkan telinga anak-anak mereka dengan cutton bud, hal ini sangatlah berbahaya. Bisa membuat telinga anak-anak kita menjadi Tuli.

Jadi pada kesimpulannya, biarkan telinga kita apa adanya, tidak usah lagi pakai, cutton bud, cukup bersihkan telinga saat kita mandi. Okey

Demikian Tips Membersihkan Telinga, semoga bermanfaat.

No comments:

Post a Comment