Saturday, March 17, 2012

Lambung Sehat, Hidup Menjadi Sehat


Lambung kita adalah organ yang dapat membantu kita menentukan porsi sehat kita. Ketika lambung mulai penuh terisi makanan, dia akan mengirim sinyal yang kita rasakan sebagai rasa kenyang. Tapi, ketika kita sedang menyantap makanan atau minuman favorit kita, kadang kita mengabaikan rasa kenyang yang mulai kita rasakan dan terus menyantap hidangan tersebut.

Nah biasanya kita punya makanan atau minuman favorit. Kalau sudah ketemu dengan menu favorit kita, seseorang bisa menghabiskan porsi lebih banyak dari biasanya. Apalagi kalau memang sedang lapar.

Kesehatan kita tidak hanya ditentukan oleh apa yang kita konsumsi melainkan juga oleh seberapa banyak yang kita konsumsi. Fakta inilah yang jarang diketahui oleh masyarakat. Seberapa banyak sebenarnya porsi yang sehat itu ?

Berikut ini tips kesehatan yang bisa berguna bagi Anda :

1. Berhentilah makan/minum ketika pertama kali merasa kenyang. Itulah sebenarnya porsi yang kita butuhkan. Dengan peka terhadap batasan yang disinyalkan tubuh ini, kita dapat terhindar dari obesitas, bahkan mengurangi resiko sakit maag. Bagaimana bisa?

Lambung kita selalu memproduksi asam lambung untuk mencerna makanan yang kita asup. Dalam kondisi normal, banyaknya asam lambung yang diproduksi sesuai dengan pola makan kita. Sebagai contoh, apabila kita biasa makan satu centong nasi, lambung akan menyediakan asam lambung sebanyak yang diperlukan untuk mencerna satu centong nasi.

Apabila kita makan terlalu banyak, kali berikutnya lambung kita juga akan memproduksi asam lambung lebih banyak untuk mengantisipasi porsi yang sama besarnya. Apabila kita tidak makan sebanyak sebelumnya, bisa jadi kita akan terserang sakit maag. Terus makan banyak malah dapat berakibat kegemukan. Jadi serba salah, kan.

2. Makan/minumlah dalam porsi yang stabil dari waktu ke waktu. Semoga dengan mengingat dan menerapkan kedua kunci ini, kita akan lebih sehat. Juga, terhindar dari obesitas dan sakit maag.

Semoga Artikel Kesehatan mengenai Lambung Sehat, Hidup Menjadi Sehat, semoga bermanfaat.

No comments:

Post a Comment