Sunday, May 20, 2012

Kanker, Siapa Takut ?

Tahukah Anda ada banyak cara untuk melindungi tubuh kita dari serangan kanker. Tentu saja ada beberapa usaha yang perlu Anda lakukan untuk hal tersebut. Misalnya saja, Anda seorang perokok, tidak ada alasan untuk berhenti merokok, mulai sekarang berhentilah merokok. Dengan berhenti merokok, Anda terhindar dari kanker paru-paru, kanker tenggorakan, kanker mulut, kanker kepala dan kanker pancreas.
Dengan menjaga berat badan, gaya hidup sehat dan diet secara teratur adalah cara lain untuk menghindari Anda terkena kanker. Anda bisa baca artikel mengenai diet di Rencana Diet dan Tetap Fokus Diet
Mempertahankan hidup sehat merupakan cara ampuh untuk menghindari dari beberapa jenis kanker, misalnya kanker payudara dan kanker kolorektal. Lakukan latihan olahraga secara rutin, sehingga tulang dan otot kita lebih kuat, jantung lebih sehat dan mengurangi lemak dalam tubuh kita. Dengan melakukan olahraga seperti jalan, jogging atau lari, dapat membantu penderita kanker dari pikiran stress, emosi yang tak terkendali dari penyakit kanker yang dideritanya. Tapi perlu diingat, untuk penderita kanker, sebelum melakukan olahraga, ada baiknya konsultasi ke dokter Anda.
Banyak dokter menyarkankan untuk latihan olahraga paling kurang 30 menit, olahraga dapat dilakukan selama 4 sampai 6 kali dalam seminggu. Lakukan olahraga secara perlahan dan secara rutin. Untuk yang memiliki penyakit jantung, olahraga dapat dilakukan sehari-hari, misalnya naik tangga, atau berjalan-jalan.
Pertahankan pola makan yang sehat, misalnya makan banyak sayuran, biji-bijian dan buah-buahan. Dengan pola makan sehat, berarti kita memilih makanan yang rendah lemak, gula dan garam. Makanlah sayuran dan buah-buahan secara rutin setiah hari. Bagi yang suka minum susu, carilah susu yang bebas lemak, misalnya anlene (bukan promosi loh).
Nah berikut ini tips diet sehat buat Anda :
  1. Kontrol Makanan Anda. Hindari makanan yang mengandung kalori tinggi, kolestrol, lemak, garam dan gula. 
  2. Bila Anda senang jajan diluar, perhatikan makanan Anda Hindari makanan yang mengandung gula tinggi, seperti sereal, kue, biskuit atau kue kering yang belum tentu mengandung gizi. 
  3. Hindari minuman beralkohol, karena Anda dapat terkena kanker mulut, kanker hati dan kanker payudara. Berhenti minum alkohol yah.
Untuk menghindari kanker kulit, Anda bisa berjemur dipagi hari, misalnya jam setengah 7 sampai setengah 8 pagi. Untuk siang hari pakailah tabir surya untuk menghindari sinar negatif dari sinar matahari di waktu siang hari.
Untuk kanker Hati, kanker serviks, Anda bisa langsung konsultasi dengan dokter Anda mengenai vaksinasi hepatitis B (vaksin Human Papilloma Virus (HPV)) dapat menyebabkan kanker serviks.
Demikian artikel mengenai kanker, semoga artikel ini bermanfaat bagi kita semua, Salam Sehat

No comments:

Post a Comment