Wednesday, February 15, 2012

Belajar Wordpress Yuk!

Belajar wordpress ternyata cukup mengasyikkan,lho.Setelah sukses punya blog di blogspot ini, saya kemudian tertarik untuk mencoba fasilitas blog yang lain. Awalnya pernah dapat pelatihan tentang pembuatan blog, ternyata fasilitas yang dipakai menggunakan wordpress.  Pelatihan yang sekilas itu mendorong saya untuk belajar wordpress lebih lanjut. Keunggulan wordpress adalah kita bisa melakukan instal plugin-plugin yang bisa mendukung blog kita gampang dicari Search Engine seperti Google, Yahoo dll. Kebanyakan website-website resmi menggunakan fasilitas Wordpress.

Untuk belajar Wordpress tentu saja harus ada panduannya. Setelah mencari kesana-kemari tentang panduan wordpress, terutama yang gratisan , saya mendapatkan informasi tentang Cafe Bisnis Online. Menjadi member di Cafe Bisnis Online banyak fasilitas yang ditawarkan, terutama yang paling menarik yaitu kita bisa download  panduan wordpress lengkap dalam bahasa Indonesia GRATISS!!

Pemilik Cafe Bisnis Online ini adalah Lutvi Avandi, marketer Indonesia yang sangat sukses.Dia mau membagi ilmunya step-by step belajar wordpress secara jelas. Jarang sekali orang yang mau membagi ilmunya seperti ini, biasanya para master internet menjual ilmunya dengan harga mahal sampai jutaan.
Ada 2 kategori anggota, yaitu Free member, alias Gratis..Tis! Tapi fasilitas yang ditawarkan cukup oke, meliputi:
1.       Artikel-artikel menarik tentang strategi bisnis online
2.       Paduan cara membuat dan menjalankan blog Wordpress dalam bahasa Indonesia yang lengkap
3.       Panduan cara mengubah blog menjadi mesin uang
Nanti masuk ke Member Area, klik Download, maka akan bisa Download panduan belajar Wordpress Gratis.

Kalau mau informasi yang lebih lengkap dapat menjadi member premium, yang hanya membayar sekali seumur hidup (Rp. 197.999 per 1 Jan 2012), beneran lho, cuma sekali berlaku bisa 10, 20 atau 30 tahun tergantung umur kamu! Tidak ada biaya bulanan atau tahunan lagi. Tapi jangan salah,  dapat fasilitas macam-macam yang oke punya:
1.       Panduan SEO Detective
2.       Panduan Cara Membeli Domain dan Hosting
3.       Black SEO Reloaded
4.       Black SEO Revolution
5.       Meraup Dollar dari Adsense
6.       Script Affiliasi bisa untuk program-program MLM
7.       Script Website Iklan
8.       Script Toko Online dan lain-lain

Saya udah menjadi member premium sejak januari kemarin, saya merasa komunitas ini cukup canggih dan sangat menunjang niat saya untuk belajar wordpress dan belajar aneka ilmu internet. Lutvi avandi juga sangat welcome terhadap pertanyaan para membernya. Kalau mau bertanya bisa lewat sms atau lewat email, pengalaman saya setiap bertanya selalu cepet dibalas. Tapi fasilitas tanya jawab ini Cuma berlaku untuk member premium.

Berdasar ilmu yang sudah saya kuasai, saya juga mencoba untuk membuat wordpress di hosting sendiri alias hosting berbayar, karena kalau membuat wordpress di domain wordpress.com, itu fasilitasnya tidak lengkap. Cafe bisnis juga memfasilitasi hosting dan domain di CBWEBSPACE.

 Tidak seperti yang saya kira sebelumnya ternyata hosting dan domain itu cukup murah. Domain itu adalah brand nama kita, untuk bisa memakai brand nama seperti misal http://iniblogku.com itu kita harus menyewa, di CBWEBSPACE  ongkos sewanya Cuma Rp.85000 pertahun alias Rp.7000/bulan dibayar 1 tahun sekali. 

Lalu untuk menempatkan domain ,kita harus menyewa hosting. Jadi ibaratnya domain itu adalah alamat rumah, sedangkan hosting itu rumahnya. Ada beberapa  pilihan paketan di cbwebspace, saya mencoba memilih paket newbie. cukup murah juga cuma Rp.104.500/tahun atau Rp.10.000/bulan, dibayar 3 bulan sekali.Kalau mau lebih murah bisa paket single cuma Rp. 57.000/tahun. Kalau paket newbie hostingnya bisa diisi sampai 10 domain, kalau paket single cuma 1 domain saja.Kalau untuk saya jadi   biaya untuk mengelola sebuah blog dengan memakai jasa CBWEBSPACE bila dihitung cuma 17000/bulan. 

Kalau sudah order,silakan baca step by step bagaimana cara menginstal wordpress di hosting kita pada panduan wordpress halaman 20. Silakan melihat blog yang sudah saya buat :MANAGING DIABETES.

Demikian sedikit berbagi pengalaman saya tentang cara belajar wordpress. Kalau tertarik, segera jadi member CAFE BISNIS ONLINE (Klik nanti direct ke websitenya), atau pada Banner diatas. Kalau sudah tertarik ingin membuat website sendiri, silakan order domain dan hosting di CBWEBSPACE (klik) . Semoga bermanfaat ya...

No comments:

Post a Comment