Monday, February 13, 2012

Tidak ada bukti tegangan tinggi meningkatkan risiko leukimia

Menurut penduduk, anak-anak yang tinggal di dekat/bawah jaringan listrik, Saluran Udara Tegangan Extra Tinggi (SUTET) risiko lebih tinggi terkena leukemia. Tidak jelas apakah medan magnet yang diciptakan oleh arus listrik melalui jaringan listrik yang bertanggung jawab meningkatkan risiko leukimia . Menurut sebuah laporan baru yang dijelaskan oleh Departemen Kesehatan Lingkungan & Layanan Nature , Lingkungan dan Energi USA.
Studi (sel baris dan hewan) tidak bisa pasti tentang hubungan sebab akibat antara medan magnet dan peningkatan risiko leukimia. Hal ini tidak yakin bahwa medan magnet menyebabkan kenaikan leukimia. Setelah penelitian lebih dari 30 tahun, para ilmuwan masih menemukan ada mekanisme yang menjelaskan bagaimana medan magnet dari jaringan listrik menyebabkan leukemia.

Penjelasan lain dari paparan medan magnet juga mungkin. Dengan demikian, faktor lingkungan lainnya, seperti pola makan atau gaya hidup, status sosial ekonomi, ... memiliki dampak.
Jika medan magnet adalah penyebabnya, akan menggandakan risiko leukemia. Di Flanders, sekitar 3 dari 100.000 anak-anak leukemia. Ini berarti bahwa setiap tahun sekitar 50 anak-anak memiliki leukemia. Sebuah penggandaan risiko akan berarti bahwa tinggal di dekat jaringan listrik 6 sampai 100.000 anak akan mendapatkan leukemia. Mengingat jumlah anak yang tinggal di dekat kabel listrik yang akan mengakibatkan tambahan dua tahun per kasus leukemia anak.
Menurut para ahli, masih ada cukup alasan untuk hati-hati. Mereka menunjukkan bahwa kebijakan yang diperlukan untuk menangani kesehatan yang tidak pasti dari medan magnet.

Laporan tersebut merekomendasikan:
• Pembentukan standar (batas) atau rekomendasi (target) untuk eksposur yang cocok dengan kelompok paling rentan, khususnya anak-anak, dianjurkan.
• Membentuk platform komunikasi pusat yang mengumpulkan informasi yang diperlukan tentang teknik, risiko dan kebijakan.
• Di bidang? Risiko ke tingkat medan magnet yang cukup rendah?. Mengingat perbedaan kekuatan medan dari sumber yang berbeda, penting untuk tidak alasan dalam hal jarak, tetapi dalam hal eksposur.
• Garis Overhead dapat diletakkan di bawah tanah. Garis bawah tanah tidak akan selalu mengurangi medan magnet di tingkat tapi koridor bidang mengangkat sekitar garis sempit. Langkah ini memiliki keuntungan lain (misalnya visual, kebisingan dampak, sifat ...). Di sisi lain, biaya garis bawah tanah yang lebih tinggi. Sebuah analisis biaya-manfaat dianjurkan.
• Menyelidiki kemungkinan bilik tegangan tinggi di gedung-gedung apartemen, tidak tidur sekitar atau ruang tamu.
• Teknis sistem menyesuaikan untuk mengurangi zona medan magnet.
• Adaptasi dari rumah dan bangunan untuk melindungi mereka dari medan magnet ada artinya karena secara teknis sangat kompleks dan sangat mahal.
• Dalam situasi baru, seseorang dapat memilih untuk pelarangan pembangunan dalam koridor sesuai atau komitmen untuk fasilitas baru selain taman kanak-kanak dan sekolah untuk menghindari.

No comments:

Post a Comment