Thursday, February 9, 2012

Jaga Kesehatan di Depan Komputer

Jaga Kesehatan di Depan Komputer. Sepertinya komputer adalah teman yang sudah sangat akrab dengan kita. Setiap hari mungkin ada orang yang menghabiskan waktunya di depan komputer untuk melakukan aktivitas pekerjaannya sehari-hari. Ada pula yang menggunakan komputer untuk kegiatan seperti browsing, chatting, blogging dan lain sebagainya. Tapi tahukah kita bahwa berlama-lama di depan komputer tidak bagus untuk kesehatan mata. Mengapa demikian ?, karena mata akan menjadi mudah lelah, kering dan kepala menjadi pusing. Ini akibat pancaran radiasi monitor yang terlalu lama saat Anda bekerja. Bagi anda yang harus menjalani pekerjaan didepan komputer.

Berikut ini merupakan Tips Mencegah Mata Lelah Didepan Komputer.

1. Jaga Jarak Pandang ke Monitor Komputer

Jarak pandang aman Anda ke monitor disarankan sekitar 20-40 inchi atau 50-100 cm dari mata. Jika Anda kesulitan membaca padahal monitor sudah berada pada jarak 20 inchi, cobalah memperbesar font hingga Anda merasa nyaman.

2. Beralih Ke LCD Komputer

Monitor tabung (CRT) akan memberi efek yang buruk dibanding LCD, karena energi yang dibutuhkan jauh lebih besar. Meskipun harga monitor LCD memang lebih mahal dibanding CRT, tetapi ini akan berdampak baik bagi Anda untuk selanjutnya.

3. Atur Setting Monitor Komputer

Pre-set setting memberi level brightnes yang berbeda, ini menyesuaikan kondisi penggunaan monitor. Misalnya saat Anda bekerja atau internetan warna akan terasa sejuk di mata, lalu warna akan terlihat lebih terang ketika Anda bermain game atau nonton film.

4. Gunakan Kacamata Antiradiasi

Walau hal ini membutuhkan biaya lebih, namun ada baiknya saat Anda memiliki cukup uang untuk membeli kacamata antiradiasi. Faktanya lapisan anti-radiasi pada kacamata itu sangat berguna bagi mata Anda, karena lapisan itu secara otomatis mengurangi efek nyeri di mata akibat radiasi cahaya yang berlebihan.

5. Mengistirahatkan Mata Secara Berkala

Cara mudah menghindari mata lelah akibat radiasi monitor adalah mengistirahatkannya secara berkala. Cobalah untuk mengistirahatkan mata dengan perbandingan lima menit pada tiap jamnya. Anda bisa menggunakan waktu lima menit untuk berjalan-jalan, atau melihat sekeliling, yang penting menjauhkan mata dari monitor.

Penggunaan komputer baik di rumah dan di kantor menyebabkan seringnya muncul keluhan kelelahan dan ketidaknyamanan pada mata. Penelitian telah menetapkan bahwa monitor komputer hanya memancarkan radiasi berbahaya sedikit atau tidak ada, seperti sinar x atau sinar ultraviolet. Jadi, kelelahan tidak langsung disebabkan oleh paparan layar komputer melainkan oleh lingkungan sekitar layar komputer, seperti pencahayaan yang buruk atau posisi yang tidak tepat dari peralatan komputer dan furnitur komputer. Ketegangan yang berlebihan pada mata, dapat menyebabkan mata gatal atau terbakar, penglihatan kabur atau ganda dan sakit kepala. Semua gejala ini bisa menyebabkan frustasi, meningkatnya iritasi dan ketidakmampuan menyelesaikan pekerjaan seefisien mungkin.

Ada sejumlah cara lain yang bisa kita lakukan untuk melindungi mata dari ketegangan dan kelelahan. dari informasi-informasi yang saya kumpulkan, olahraga relaksasi mata bisa membantu kelelahan pada mata saat berada di depan komputer.

Pengguna komputer cenderung lebih mengurangi tingkat berkedip saat bekerja dengan komputer. Kedipkan mata sesering mungkin untuk membasahi mata demi mencegah kekeringan dan iritasi. Semakin sering berkedip, semakin baik untuk mata Anda.

Inilah olahraga relaksasi mata untuk kita saat di depan komputer :

1. Lihatlah jauh dari komputer setidaknya 20 - 30 menit dan menatap sebuah objek yang jauh setidaknya selama 20 detik.

2. Tutup mata selama beberapa menit ketika pekerjaan Anda memerlukan input data yang berkepanjangan ke komputer.

3. Cobalah untuk memijat dan mengendurkan otot-otot di sekitar mata Anda sesekali.
Memperkuat otot mata dengan serangkaian latihan untuk mencegah ketegangan mata.

4. Setiap 30 menit, gosok telapak tangan satu sama lain sampai menjadi hangat dan tutup mata Anda, pastikan tidak ada cahaya yang masuk. Lakukan ini selama setidaknya satu menit, lebih lama juga boleh bila ada waktu. Latihan ini memberikan mata Anda istirahat dari cahaya komputer dan pandangan Anda pun akan jauh lebih jelas.

5. Ambil waktu istirahat untuk meregangkan sedikit dan memberi energi kembali. Bangun dari kursi dan berjalan-jalan singkat selama beberapa menit. Beberapa menit berjalan kaki tidak hanya akan memberikan mata Anda istirahat tetapi juga memberikan tubuh dan pikiran pun beristirahat.

Semoga dengan olahraga relaksasi mata ini akan membuat mata kita nyaman saat menggunakan komputer. Jaga Kesehatan di Depan Komputer

Sumber : Catatan Komputer

No comments:

Post a Comment