Wednesday, February 8, 2012

Matahari dan psoriasis

Psoriasis adalah kondisi kulit kronis yang mempengaruhi pria dan wanita, tua dan muda. Lebih dari 1.000.000 orang di eropa telah mengidap psoriasis (orang berkulit bule lebih rentan terserang psoriasis).
Psoriasis ditandai dengan bercak merah pada kulit yang sering ditutupi dengan serpihan putih. Kebanyakan orang memiliki tambalan di siku, lutut dan kulit kepala (psoriasis vulgaris).
Pada psoriasis, proses normal pembaharuan kulit terganggu. Sel-sel kulit tumbuh tujuh kali lebih cepat dari biasanya dan tidak mendapatkan kesempatan untuk sepenuhnya tumbuh. Jika ini belum menghasilkan sel-sel kulit mencapai lapisan luar kulit, Ia tampak seperti serpihan putih yang menempel pada kulit. Kulit menjadi kusam dan kurang menarik oleh pembelahan sel dipercepat pada psoriasis dan peradangan kecil terjadi. Hal ini membuat kulit tebal dan merah. Banyak orang juga menderita gatal-gatal.
Ada beberapa jenis psoriasis:
• Bentuk yang paling umum adalah psoriasis vulgaris
• Psoriasis gutata seluruh tubuh ada banyak bintik-bintik ukuran penurunan
• Pada psoriasis pustular yang terfokus spot (pustula) pada tubuh
• Kadang-kadang kuku (unguium psoriasis) dan sendi (arthritis psoriatis) juga dipengaruhi
Psoriasis tidak dapat disembuhkan tetapi dapat diobati. Psoriasis dapat diobati dengan preparat topikal (salep, krim, lotion) terapi cahaya atau oral. Para psoriasis lebih parah, bagaimana terapi akan menjadi kesempatan semakin banyak efek samping.

Sinar matahari dan Psoriasis
Banyak orang dengan psoriasis menemukan cara bahwa mereka dapat dikurangi bintik-bintik dengan bantuan sinar matahari. Cuaca yang cerah dan kering memiliki efek yang sangat menguntungkan pada psoriasis. juga  kehangatan dan sinar matahari di daerah tropis, sangat bagus.
UV memiliki efek menguntungkan pada psoriasis, terutama UVB. UVA nyaris tidak bekerja pada psoriasis - maka penambahan psoralen untuk perawatan. Kombinasi terapi dan obat akan disebut dengan PUVA.
Di luar periode suar-up dari bintik-bintik merah (seperti ada risiko bahwa bintik-bintik lebih buruk), eksposur yang masuk akal dan bertahap, sinar matahari harus dipertimbangkan. Untuk menghindari matahari menusuk, Tapi harus di ingat terutama untuk orang dengan kulit terang.
Sebaliknya, iklim hangat dan lembab dari jenis tropis sebaiknya dihindari, terutama oleh pasien dengan bentuk psoriasis parah.

Dengan sinar matahari yang intens akan terbaik:
• Hindari kontak langsung dengan kulit wajah, yang paling rentan, untuk tidak terjadi sun burn
• tabir surya dengan SPF tinggi ("sun block") digunakan untuk wajah, terutama dengan suar psoriasis.

Paparan sinar matahari yang moderat mempromosikan penyembuhan lesi.

Saran praktis: Sinar matahari diperbolehkan, tapi di moderasi.

• Jika Anda berjemur, gunakan tabir surya faktor tinggi (faktor minimal 15 atau bahkan 30 pada warna kulit yang sangat ringan).
• Ingatlah bahwa pada daerah kulit yang terkena sengatan matahari ada kemungkinan bahwa psoriasis terjadi.
Dapatkah lengan dan kaki jika pencabutan lesi?
Umumnya tidak membuat epileertechnieken menjengkelkan disukai.
• Memanfaatkan lilin (panas atau dingin) pada lesi psoriasis sebaiknya dihindari: merobek keluar bulu-bulu dapat mengiritasi kulit
• Mencukur harus dilakukan dengan lembut (baik mekanis atau alat cukur listrik).
• Perangkat listrik pencabut bulu dan  rambut yang menarik rambut tidak harus digunakan.

Dapatkah Anda kehabisan flare menggunakan lilin atau obat menghilangkan rambut ¬ obat menghilangkan rambut itu?
Tidak ada penelitian ilmiah yang menunjukkan bahwa penggunaan lilin suar psoriasis dapat menyebabkan atau akan memperburuk lesi yang ada .
Di luar flare dapat di lakukan  pencabutan dengan lilin dengan aman dilakukan. Untuk krim hair removal ada bukti melawan (tidak di sarankan).
Cara apapun yang digunakan, berkonsultasi dengan dokter kulit diperlukan jika lesi baru setelah pencukuran bulu muncul. Setelah semua, apakah psoriasis atau tidak, setiap kali produk diterapkan pada kulit, selalu ada risiko tertentu untuk alergi.

No comments:

Post a Comment