Wednesday, May 2, 2012

Selamat Jalan Bu Menteri


Innalillahi Wainna Ilaihi Roji’un kita kemarin telah kehilangan Menteri Kesehatan kita tercinta Ibu Endang Rahayu Sedyaningsih (57), yang meninggal pada Rabu (2/5/2012) pada pukul 11.41 WIB di RSCM Kencana.

Beliau didiagnosa meninggal  karena  menderita kanker paru-paru. Penyakitnya ini memang sempat menjadi keheranan banyak pihak, karena Bu Menkes diketahui bukan merupakan seorang perokok.

Salah satu pesan yang ditinggalkan Bu Menkes termuat dalam kata sambutan yang ditulisnya dalam rangka menyambut penerbitan buku "Berdamai dengan Kanker". Tiada yang menyangka, kata sambutan yang ditulis pada 13 April 2011 itu menjadi kata sambutan terakhir dari Bu Menkes.

INILAH PENGGALAN DARI SAMBUTAN ITU UNTUK DIRENUNGKAN

"Saya sendiri belum bisa disebut sebagai survivor kanker. Diagnose kanker paru stadium empat baru ditegakkan lima bulan yang lalu dan sampai kata sambutan ini saya tulis, saya masih berjuang untuk mengatasinya. Tetapi, saya tidak bertanya "Why me ??".

Saya menganggap ini adalah salah satu anugerah dari Allah SWT. Sudah begitu banyak anugerah yang saya terima dalam hidup ini. Hidup di negara yang indah, tidak dalam peperangan, diberi keluarga besar yang pandai-pandai, dengan sosial ekonomi lumayan, dianugerahi suami yang sangat sabar dan baik hati, dengan dua putra dan satu puteri yang alhamdulillah sehat, cerdas dan berbakti kepada orang tua.

Hidup saya penuh dengan kebahagiaan. "So... Why not?" Mengapa tidak, Tuhan menganugerahi saya kenker paru? Tuhan pasti mempunyai rencana-Nya, yang belum saya ketahui, tetapi saya merasa SIAP untuk menjalankannya. Insya Allah. Setidaknya saya menjalani sendiri penderitaan yang dialami pasien kanker, sehingga bisa memperjuangkan program pengendalian kanker dengan lebih baik........

Sungguh, suatu keikhlasan yang mengharukan, sampai akhirnya beliau berpulang. Hal ini menyadarkan kembali kepada kita semua pentingnya untuk selalu menjaga kesehatan dan pemahaman tentang umur dan takdir manusia.

Selamat jalan Bu Menteri...pengabdian dan jasamu akan selalu kami kenang..


Lihat Entry lainnya di Daftar Isi ARTIKEL GIZI dan KESEHATAN

No comments:

Post a Comment